Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pkn Menggunakan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Siswa IV Sekolah Dasar

Authors

  • Donna Boedi Maritasari Universitas Hamzanwadi, Lombok, Indonesia
  • Alvi Buananingsih Universitas Hamzanwadi, Lombok, Indonesia
  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi, Lombok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i1.3097

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Kahoot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui rancangan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Pkn sebagai perangkat pembelajaran. (2) untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Pkn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D)  dengan menggunakan metode Borg and Gall.  Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan jumlah 21 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data mengunakan tes, lembar validasi, dan angket respon siswa.  Hasil pengembangan ini berupa evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot. Evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot layak digunakan berdasarkan persentase dari ahli media yaitu 90% berada pada kategori “sangat layak”, kemudian persentase dari ahli materi yaitu 90% berada pada kategori “sangat layak”. Evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari lembar angket respon siswa berada pada kategori “sangat baik” yaitu dengan persentase 83,46% pada uji coba terbatas dan dengan persentase 87,80% pada uji coba pemakaian dan hasil perhituanggan menggunakan N-Gain 0,70 berada pada kategori “tinggi”.

References

Ardana, L. N., Vega, N., Kirana, P., & Sunaryati, T. (2023). Peran Penting Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1–6.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647–1659.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X

Dewi, T. M., Indriyani, D., & Ristiani. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 5(1), 47–54.

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review?: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2811

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Farida, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA

Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44

Febriana, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840

Hartono, A. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Aplikasi Kahoot Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Silo.

Kemendikbud. (2021). Konsep Dasar, Prinsip, dan Prosedur Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PPKn, 7–26.

Kesuma, M., & Reni Puspita Sari. (2020). Pengembangan Modul Sharaf Dengan Pendekatan Deduktif Di Pondok Modern Madinah Lampung. Studi Arab, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1944

L1, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 136–145. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p136-145

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Murciano-Calles, J. (2020). Use of Kahoot for Assessment in Chemistry Education: A Comparative Study. Journal of Chemical Education, 97(11), 4209–4213. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00348

Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 186–199. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Mutia, Tuti, Donna Boedi Maritasari, padlurrahman. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Geografi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 164–173. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3482

Natalia Cristiani, H. A. dkk. (2019). Modul Pembelajaran Kahoot.

Permana, N. S. (2021). Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 21(2), 128–135. https://doi.org/10.34150/jpak.v21i2.334

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Roosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 4(1), 60. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2860

Sagala, A. U., Hutagaol, D. D. S., Haloho, K. A., & ... (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional PBSI IV, 1, 1–6. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43426

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Tri, J., Santoso, B., & Widiyanti, A. (2022). Kahoot! Sebagai inovasi evaluasi hasil belajar siswa yang efektif dan menyenangka. 8(November), 171–185.

Ulfaria. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Ips Kelas Vii Smp Muhammadiyah 7 Tajinan. Etheses UIN Malang.

Widyana, S., Asyraf, A., & Fithri, I. (2024). Peran Teknologi dan Media Media Pembelajaran bagi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. De Cive?: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(6), 190–194. https://doi.org/10.56393/decive.v4i6.2186

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Maritasari, D. B., Buananingsih, A., & Lestarini, Y. (2024). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pkn Menggunakan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Siswa IV Sekolah Dasar. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 6(1), 45–62. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i1.3097