PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA DEPARTMENT HUMAN RESOURCES MANAGEMENT PT XYZ

Authors

  • Anggun Maharani Universitas Mercu Buana, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.266

Keywords:

Balanced Scorecard, Human Resources Management.

Abstract

Balanced Scorecard adalah salah satu sarana dalam pengukuran kinerja dalam sebuah organisasi. Balanced Scorecard mampu menterjemahkan pencapaian visi dan misi perusahaan dengan menggunakan 4 persepktif yaitu Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal serta Pembelajaran dan Pertumbuhan. Pengukuran kinerja menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah perusahaan agar perusahaan dapat melakukan analisa dan pengukuran terkait dengan aktitas-aktifitas strategi serta memonitor kinerja strategi dalam usaha pencapaian visi dan misi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa penerapan Balanced Scorecard dalam pengukuran kinerja department Human Resources Management pada PT XYZ serta melakukan evaluasi strategi yang telah dilakukan, agar strategi yang ada dapat mendukung pelaksanaan visi misi department. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan evaluasi pada strategi yang sudah ada serta memberikan masukan terkait dengan strategi lain yang mungkin dapat dilakukan dalam Department Human Resources Management agar dapat mengakomodir pelaksanaan visi misi perusahaan dengan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif agar dapat memeberikan gambaran terkait dengan pelaksanaan Balanced Scorecard dengan terperinci.

References

Ali, Hapzi. 2018. Modul 9 SM, Canvas Business Model, Diversification and Balance Scorecard.
David, Fred R., 2011. Strategic Management: Concept and Case. 13 th. Ed. Pearson. Education, Upper Saddle River, New Jersey.
Kaplan, R. S. dan David P. Norton. 2000. Balance Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan: Pasla Yosi Peter R. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. (edisi ke-2). Jakarta: Salemba Empat.
Pearce, J. A & Robinson, R.B (PR), Strategic Management; Formulation, Implementation and Control, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Singapore, 2013 2.
Thompson, A. A & Strickland, A.J (TS), Strategic Management; Concepts and Cases, 11th edition, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Singapore, 2008.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Maharani, A. (2020). PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA DEPARTMENT HUMAN RESOURCES MANAGEMENT PT XYZ. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 324–336. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.266