Pembelajaran IPS Berwawasan Gender Dalam Menciptakan Kesetaraan Gender Pada Siswa Mtsn 1 Medan

Authors

  • Ainun Sina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sakti Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2606

Keywords:

Pembelajaran IPS berwawasan gender, Kesetaraan gender

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana konsep pembelajaran IPS yang berwawasan gender dalam menciptakan kesetaraan gender pada siswa di Mtsn 1 Medan. konsep pembelajaran berwawasan gender pada konteks ini merupakan pembelajaran yang memberi ruang untuk menyatakan bahwa proses pembelajaran merupakan proses yang membebaskan. Gender dalam pendidikan memberikan pemahaman bahwa pembelajaran dilakukan oleh guru kelas dengan menerapkan desain pembelajaran gender yang menciptakan kesetaraan gender itu ada pada konstruksi pembelajaran IPS pada siswa. mengacu kepada permasalahan lain terkait dengan pembelajaran IPS berwawasan gender dalam menciptakan kesetaraan gender di MTsN 1 Medan ini mengembangkan konsep seperti saat melangsungkan pembelajaran kelas dikelola atau di desain agar dapat menciptakan pembelajaran yang responsif gender yang artinya menghargai perbedaan gaya antara anak laki-laki dan perempuan pada umumnya setiap siswa baik laki laki maupun perempuan memiliki perannya masing masing, kemudian kepemimpinan kelas tidak hanya dipegang oleh laki laki tapi juga dalam setiap kepengurusan kelas mengikut sertakan anak perempuan. Untuk itu penting untuk diteliti bagaimana konsep pembelajaran ips berwawasan gender tersebut dikembangkan di MTsN 1 Medan untuk menciptakan kesetaraan gender . merujuk kepada lampiran inpres No.9 pada tahun 2000 menyatakan kesetaraan gender adalah suatu proses untuk menjadi adil terhadap laki laki dan perempuan sehingga dalam proses pembelajaran tidak adanya kecemburuan baik dari pihak anak laki laki maupun anak perempuan . MTsN 1 Medan sendiri dalam latar belakang siswa yang beragam etnis , dan majemuk mereka mengembangkan konsep pembelajaran IPS berwawasan gender guna menciptakan kesetaraan gender. selain itu banyak juga pastinya studi yang meneliti tentang proses pembelajaran sehingga adanya konstruksi pembelajaran yang relatif maupun dominan namun demikian dengan banyaknya studi penelitian tersebut studi saya ini cukup memiliki perbedaan dengan studi penelitian lainnya yang mana  merupakan pemahaman bagaimana pembelajaran ips yang berwawasan gender berperan dalam menciptakan kesetaraan gender dan memberikan kebebasan dalam proses pembelajaran yang nantinya menciptakan adanya kesetaraan gender.

References

Azifambayunasti, A. (2022). Membangun Generasi Tangguh Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi Isu Kesetaraan Gender. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 3, pp. 41-53).

Barnawi, M. A. (2013). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.

Daulay, A. F., Napitupulu, T. A., Rusmaida, C., & Zailani, M. (2024). Konsep dan Implementasi Kesetaraan Gender di MTs Ali Imron Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1246-1254.

Hasan, B. (2019). Gender Dan Ketidak Adilan. Jurnal Signal, 7(1), 46-69.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Juridiknas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.

Putra, A. T. A. Peran Gender dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 327-344.

Ratnawati, D., Sulistyorini, S., & Abidin, A. Z. (2019). Kesetaraan Gender Tentang Pendidikan Laki-laki dan Perempuan. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 15(1), 10-23.

Silma, N., Wulandari, P. N., Ramadhan, T. S., & Marini, A. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Untuk Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Melalui Electronic Wordless Picture Book. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 479-490.

Soedarwo, V. S. D. (2010). Pengertian gender dan sosialisasi gender. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudarta, W. (2007). Peranan wanita dalam pembangunan berwawasan gender. Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Uyun, Q. (2002). Peran gender dalam budaya Jawa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 7(13), 32-42.

Zaduqisti, E. (2009). Stereotipe peran gender bagi pendidikan anak. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 1(1).

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Sina, A., & Ritonga, S. (2024). Pembelajaran IPS Berwawasan Gender Dalam Menciptakan Kesetaraan Gender Pada Siswa Mtsn 1 Medan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(5), 1693–1699. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2606