Analisis Penggunaan dan Gratifikasi Aplikasi Voisa.App dalam Mencari Koneksi Anonim di Era Digital pada Generasi Z

Authors

  • Shaquella Gracia Kumontoy Magister Ilmu Komunikasi, LSPR Institute of Communication & Business, Indonesia
  • Margaretha Christine Dolontelide Magister Ilmu Komunikasi, LSPR Institute of Communication & Business, Indonesia
  • Annissa Dewi Ekayani Magister Ilmu Komunikasi, LSPR Institute of Communication & Business, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2520

Keywords:

Penggunaan dan Gratifikasi, Voisa.App, Anonimitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penggunaan dan Kepuasan yang diperoleh dari aplikasi Voisa pada Generasi Z di Indonesia, dengan fokus pada percakapan anonim yang mendalam. Menggunakan Pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap pengguna dari Generasi Z berusia 18-27 tahun dengan 5 Narasumber Anonim.Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification Theory (UGT) untuk memahami dampak anonimitas terhadap kesejahteraan psikologis pengguna dengan memahami berdasarkan 8 Tipologi yaitu Passing Time, Companionship, Escape, Enjoyment, Social Interaction, Relaxation, Information, dan Excitement. Hasil menunjukkan bahwa motivasi penggunaan Voisa meliputi hiburan, mengisi waktu luang, membangun hubungan sosial, melarikan diri dari stres, dan berbagi informasi. Anonimitas memungkinkan percakapan lebih terbuka dan jujur, Meski ada tantangan seperti interaksi yang tidak ramah dan topik obrolan yang tidak relevan. Aplikasi Voisa.App berhasil menyediakan sarana ekspresi diri dan koneksi sosial yang bermakna.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Adiyanto, W., & Putra, E. M. D. (2023). Komunikasi Pseudonym Pengguna Media Sosial Whisper. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 489–504.

Afrizal, M. (2014). Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Apdillah, D., Harmika, Z., Sahera, M., & Harahap, H. U. (2022). Communication Ethics as Virtual Virtue Control in Media Behavior Society in the Digital Age. Journal Of Humanities, Social Sciences And Business, 1(3), 49–60. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i3.148

Cavoukian, A. (2008). Privacy Design, Information and Privacy Commissoner of Ontario. https://www.ipc.on.ca/en/media/1826/download?attachment.

Danezis, G., & Diaz, C. (2008). A survey of anonymous communication channels.

Imarshan, I. (2021). Popularitas podcast sebagai pilihan sumber informasi bagi masyarakat sejak pandemi covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213–221.

Karamoy, A. D., & Adim, A. K. (2023). Motif Penggunaan Aplikasi Anonim Prisga (Survei pada Pengguna Prisga Berusia Dewasa Muda di Kota Jakarta). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 9(2).

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104.

Lindlof, T. R., & Taylor, B. C. (2017). Qualitative communication research methods. Sage publications.

Permata, S. R. (2023). Motif Penggunaan Aplikasi NGL-Anonymous Q&A.

Rubin, A. M. (2009). Uses-and-gratifications perspective on media effects. In Media effects (pp. 181–200). Routledge.

Sipahutar, C. M., Poerana, A. F., & Nurkinan, N. (2020). Pengalaman Komunikasi Curhat Anonim Bagi Followers@ 18AUTOBASE Di Twitter. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4(2), 56–74.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Gracia Kumontoy, S., Christine Dolontelide, M., & Dewi Ekayani, A. (2024). Analisis Penggunaan dan Gratifikasi Aplikasi Voisa.App dalam Mencari Koneksi Anonim di Era Digital pada Generasi Z. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(5), 1615–1622. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2520