ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CAFE DAPOER ENHA SAGO KABUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM

Main Article Content

Dori Mittra Candana
M. Afuan

Abstract

Dapoer Enha merupakan bisnis kuliner baru yang menawarkan fasilitas dan kenyamanan  pelanggan sebagai poin utamanya. Persaingan di dunia bisnis makanan di kawasan wisata kabupaten pesisir selatan membuat: Dapoer Enha harus lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. tujuan penelitian ini adalah memperoleh strategi pemasaran. konsep yang ditawarkan kepada konsumen berbeda-berbeda salah satunya yaitu Dapoer Enha yang menawarkan menu beragam dan pemadangan indah suasana tepi pantai yang membuat hati dan mata menjadi sejuk. Ketatnya persaingan cafe, mengharuskan pengelola cafe memanfaatkan peluang yang ada. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran café Dapoer Enha. Penelitian ini menggunakan matriks internal eksternal (ie), matriks strenght, weakness, opportunity dan threat (swot) dan strategic planning matrix (qspm). Alternatif strategi yang didapatkan yaitu mempertahankan citra atau image cafe, fasilitas café yang lengkap, mempertahankan kualitas dan pelayanan produk untuk menarik konsumen, meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama untuk tujuan kemajuan cafe, memberikan layanan delivery order untuk konsumen, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran, melayani pangsa pasar menengah ke bawah dengan menyediakan paket atau porsi khusus, dan menjaga hubungan baik dengan pemasok atau wilayah sekitar cafe. Strategi pemasaran prioritas yang disarankan adalah mempertahankan citra cafe.

Article Details

How to Cite
Mittra Candana, D., & M. Afuan. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CAFE DAPOER ENHA SAGO KABUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 151-162. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.252
Section
Articles

References

Bhandari, A dan RP Verma. (2013). Strategic Management: A Conceptual Framework. New Delhi: McGraw Hill Education.
Browning, G. (2007). Emergenetics: Menyadap Ilmu Kesuksesan Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, K.N., Andri, G., dan Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 3(2): 11-29.
Ginting, A. (2006). Perumusan Strategi Perusahaan PT X menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri. 7(1): 1-5.
Kustina, S. (2008). Optimalisasi Pengelolahan Retribusi Parkir Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Darerah (Studi di Kawasan Kota Malang). Arena Hukum. 1(1): 1-1.
Pasaribu, L. (2008). Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus: PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung). Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
Umar, H. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zulkarnaen, H. O., dan Sutopo. (2013). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Diponegoro Journal of Management. 2(3): 113.