Analisis Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Manajemen Program Binaraja Millenials Smart Farming (BMSF) dalam Mencetak Profil Pelajar Pancasila pada SMP Bina Harapan Jatigede

Authors

  • Cecep Odim Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Cepi Triatna Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Nani Hartini Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2511

Keywords:

Analisis Faktor, Manajemen Program, BMSF, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, SMP Bina Harapan Jatigede

Abstract

SMP Bina Harapan Jatigede merupakan salah satu sekolah swasta, didirikan oleh komunitas putera-puteri daerah yang memiliki rasa kepedulian terhadap pendidikan yang didasarkan pada pembangunan kreativitas program pembelajaran. Salah satunya yaitu program Binaraja Millenial Smart Farming (BMSF).  BMSF merupakan program unggulan berbasis pendidikan karakter serta pengetahuan pertanian praktis dan sinergis.  Dalam penerapan manajemennya, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap berjalannya sistem BMSF dalam mencetak profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen program BMSF dalam mencetak profil pelajar pancasila pada SMP Bina Harapan Jatigede.  Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 - 09 Maret 2024 di SMP Bina Harapan Jatigede Kabupaten Sumedang yang berlokasi di Dusun Cihegar RT.019 RW.005 Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede.  Pendekatan penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan analisis faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen program BMSF.  Penentuan sumber data diambil dengan teknik purposive dan snowball. Untuk pengumpulan datanya sendiri melalui teknik triangulasi/gabungan dan proses analisis datanya dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen program Binaraja Millennials Smart Farming (BMSF) dalam mencetak profil pelajar Pancasila pada SMP Bina Harapan Jatigede banyak dipengaruhi oleh faktor kekuatan berupa potensi Sumber Daya Genetik Lokal  dan Sumber Daya Manusia (SDM) muda (millennials), faktor peluang yaitu kemitraan dengan Universitas Padjadjaran dan stakeholder lainnya, faktor tantangan yaitu keterbatasan finansial dan sarana prasarana pendukung, dan faktor ancaman seperti sinergitas tim dosen dalam mendukung keberlanjutan (sustainability) program.

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher). Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Ismail dkk. (2022). Naskah Akademik Kurikulum Muatan Lokal dan Ekstrakurikuler Binaraja Millenials Smart Farming (BMSF). Universitas Padjadjaran: Tidak diterbitkan.

Kemdikbud. (2024). “Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi dibanding 2018.” Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.

KPAI. (2024). “Kasus Kekerasan terhadap Anak pada Satuan Pendidikan Terus Terjadi: KPAI Lakukan FGD dengan Stakeholder dan Sepakati Beberapa Rekomendasi.” Diakses dari https://www.kpai.go.id/publikasi/kasus-kekerasan-terhadap-anak-pada-satuan-pendidikan-terus-terjadi-kpai-lakukan-fgd-dengan-stakeholder-dan-sepakati-beberapa-rekomendasi.

Kusmiati, Y. (2018). Konstruksi Realitas Anak-Anak Korban Pembanguan Waduk Jatigede Dalam Film Dokumenter “Salam Dari Anak-Anak Tergenang.” Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112.

Nasution, L. W. (2015). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Budaya Kerja Dalam Mewujudkan Good Governance Di Inspektorat Kabupaten Labuhanbatu Utara. Universitas Sumatera Utara.

Nurliyana, R. P. (2023). Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Dalam Pengurusan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (Sktm) Di Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. IPDN.

Odim, C. dkk. (2023). Pengembangan Konsep Pembelajaran Pertanian Berbasis Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Pisang Roid (Road-J) Terintegrasi Pembelajaran Binaraja Millennials Smart Farming (BMSF) dan Calon Guru Penggerak (CGP)., 1–10. Dalam Maxiselly, Y. & Fathiya, D (Penyunting) Prosiding Seminar Nasional dan Kongres PERIPI Komisariat Daerah (KOMDA) Jawa Barat (hlm.1-10). Jatinangor: UNPAD Press.

Rohiat, R. (2010). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik. Bandung: Refika Aditama.

Satori dan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Riduawan (ed.)). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cet XXI. Bandung: Alfabeta.

Saud, U.S. dan Makmun, A.S. (2018). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Odim, C., Triatna, C., & Hartini, N. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Manajemen Program Binaraja Millenials Smart Farming (BMSF) dalam Mencetak Profil Pelajar Pancasila pada SMP Bina Harapan Jatigede. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(5), 1637–1644. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2511