PENGARUH MOTIVASI DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUNGAI DAREH

Main Article Content

Arbiuddin Syahputra Hakim Harahap
Dian Vita Dilla

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Motivasi dan Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening. Variabel penelitian yaitu Motivasi (X1), Servant Leadership (X2) Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) dan Kinerja Karyawan (Y). Metode  pengumpulan data melalui survei dan menyebarkan kuesioner dengan sampel 71 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, path analysis, analisis regresi berganda, untuk uji hipotesis digunakan yaitu uji t dan uji F.  Hasil penelitian menunjukan (a) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan tingkat signifikan (0,000<0,05). (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Servant Leadership terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan tingkat siginifikan (0,046<0,05). (c) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja dengan tingkat siginifikan (0,000<0,05). (d) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Servant Leadership terhadap kinerja dengan tingkat siginifikan (0,012 < 0,05). (e) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja dengan tingkat siginifikan (0,039 < 0,05). (f) Organizational Citizenship Behavior (OCB) tidak dapat memediasi pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan. Terlihat nilai pengaruh tidak langsung 0,151 kecil dari pengaruh langsung 0,636. (g) Organizational Citizenship Behavior (OCB) tidak dapat  memediasi pengaruh Servant Leadership terhadap kinerja karyawan. Terlihat nilai pengaruh tidak langsung 0,034 kecil dari pengaruh langsung 0,174.

Article Details

How to Cite
Syahputra Hakim Harahap, A., & Vita Dilla, D. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUNGAI DAREH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 101-113. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.247
Section
Articles

References

Hartatik, I. P. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jakarta: Laksana.
Komang, N., Sekar, A., Dewi, A. A. S. K., & Ardana, K. (2017). Dan komunikasi terhadap organizational citizenship behavior di hotel inna grand bali fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana , bali , indonesia abstrak bali merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan dari ma. 6(6), 3139–3167.
Nurnaningsih. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 365–378.
Prabowo, V. C., & Setiawan, R. (2013). Pengaruh Servant Leadership Dan Komitmen Organisasional Karyawan Terhadap Organizational Citizesnhip Behavior (Ocb) Pada Blue Bird Group Surabaya. Jurnal Agora, 1(3), 1–12.
Sandy. (2015). Peran Knowledge Sharing dalam Memperkuat Pengaruh Kompetensi dan Rotasi Kerja untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Program Studi Magister Manajemen. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Sidanti, H. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat dprd kabupaten madiun. Jurnal JIBEKA, 9, 10.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Ubaididillah, H. (2017). Analisa Pengaruh Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behaviors (Ocb) Dengan Mediasi Kepercayaan Pada Manajemen Bumdesa. Jurnal WAHANA, 68(1), 53–61.
Umar, H. (2014). Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier Factors Affecting Customer ’ s Satisfaction on Low Cost Carrier Flight. 01(02), 127–138.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: Grafindo Persada