PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN MEMANAH BERBASIS PERMAINAN F-ONE ARCHERY PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indra Sukma Universitas Jambi, Indonesia
  • Zurweni Zurweni Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Ali Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1362

Keywords:

Model Latihan, F-One Archery

Abstract

Terbatasnya sarana/ peralatan memanah dan kurang variatifnya bentuk latihan pada kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD Negeri 09/IV Kota Jambi mengakibatkan kurang optimalnya dan efektif jalannya latihan memanah, sehingga berefek pada antusias/respon peserta didik jadi menurun. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk/pola latihan memanah berbasis permainan untuk meningkatkan respon peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut ,dikembangkan model latihan berbasis permainan ini dengan model pengembangan ADDIE dimana terdapat lima tahapan diantaranya Analisis, Desain, Developmen, Implementasi, Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan memanah F-One Archery yang dikembangkan sesuai atau layak sesuai dengan konsep dan prosedur berdasarkan penilaian para ahli, hal ini juga di dukung dengan  uji coba kelompok kecil menunjukkan setiap aspek dan indicator dengan rata-rata nilai 92%  ada respon sangat baik dari peserta didik  terhadap permainan F-One Archery untuk digunakan dalam latihan memanah. Pada uji coba implementasi yang bertujuan untuk melihat apakah permianan F-One Archery ini layak digunakan dalam praktek di lapangan dan uji coba kelompok besar menunjukkan hasil rata-rata setiap aspek 89% berkategori sangat layak untuk digunakan dalam praktek dilapangan. Dengan demikian model latihan memanah F-One Archery yang dikembangkan dapat diketegorikan sangat layak dari segi konsep, prosedur, dan sangat layak dan efektif digunakan dalam praktik dilapangan sehingga dapat digunakan dalam latihan memanah khusunya dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik sekolah dasar.

References

Fahrizqi, E. B., Gumantan, A., & Yuliandra, R. (2021). Pengaruh latihan sirkuit terhadap kekuatan tubuh bagian atas unit kegiatan mahasiswa olahraga panahan. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 43-54.
Prasetyo, K. E., Irawan, B., & Ansori, A. S. R. (2020). Pengembangan Permainan Panahan Berbasis Web Pada Archery Virtual Reality Dengan Metode Well Equidistributed Long-period Linear Logic. eProceedings of Engineering, 7(1).
Ramdani, A. G., Irawan, B., & Ansori, A. S. R. (2020). Pengembangan Permainan Panahan Menggunakan Metode Middle Square. eProceedings of Engineering, 7(1).
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. PALAPA, 8(1), 159-177.
Zulqarnain, N., Irawan, B., & Ansori, A. S. R. (2020). Pengembangan Permainan Panahan Berbasis Web Pada Archery Virtual Reality Dengan Metode Mersenne Twister. eProceedings of Engineering, 7(1).
Kuswahyudi, K. (2019). MODEL LATIHAN KETERAMPILAN MEMANAH BERBASIS PERMAINAN GOLF ARCHERY. Indonesian Education, Management and Sports Anthology.
Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 958. Sekretariat Kemendikbud. Jakarta.
Kurniati, E. 2011. Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Danim, Sudarwan. 2010, Perkembangan Peserta didik. Bandung: Alfabeta
Husdarta dan Nurlan Kusmaedi, 2010, Pertumbuhan dan Perkembangan (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta
Ambarukmi, H. D. dkk. 2007. Pelatihan Pelatih Fisik Level 1. Jakarta: Asisten Deputi Pengembangan Tenaga dan Pembinaan Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.
Budiwanto. Setyo, 2005. Dasar-Dasar Metodologi dalam ilmu Keolahragan. Malang; Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Arif,S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”,Jakarta: Pustekom Dikbud.
Asim, 2002. Langkah-langkah Penelitian Pengembangan” Disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkata II, Metodologi Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Vander. Zanden,1985, James Wilfrid. Human Development. New York: Alfred A. Knopf
Wahab. Abdul Azis, 2007,”Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)”, Bandung, CV Alfabeta
Wirawan. 2012,”Evaluasi, Model, Standard, Aplikasi dan Profesi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf Hadisasmita & Aip Syarifuddin, 2010. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: B3PTKSM
Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Sukma, I. ., Zurweni Zurweni, & Muhammad Ali. (2022). PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN MEMANAH BERBASIS PERMAINAN F-ONE ARCHERY PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 1219–1230. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1362