PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATERI SEPAK BOLA KELAS VIIIA SMP NEGERI 22 TANJUNG JABUNG TIMUR

Main Article Content

Yopi Okpizal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran  untuk siswa kelas VIIIA.  Berdasarkan hasl observasi di SMPN 22 Tanjung Jabung Timur, diperoleh informasibahwa materi sepak bola merupakan materi yang secara teori sulit dipahami oleh siswa. Model pemgembangan yang digunakan adalah model Luther dalam Sutopo, dengan tahapan konsep (concept), perancangan (design), bahan (material collecting) pembuatan (assembly), tes (testing), dan distribusi (distribution). Jenis data yang diambil pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat dari angket validator, sedangkan data kuantitatif didapat dari angket persepsi  siswa dan guru. Setelah dilakukan validasi terdapat beberapa perubahan pada media. Validasi yang yang dilakukan ahli media sebanyak 2 kali, dan ahli materi tidak  ada validasi. Skor akhir dari validasi media adalah  67 dengan kriteria “Sangat baik”, dan skor akhir dari validasi materi adalah 72 dengan kriteria “Sangat baik”. ujicoba kelompok kecil dilakukan di SMPN 22 Tanjung Jabung Timur dengan subjek ujicoba 8 orang siswa dengan sistem acak memperoleh skor  365 dengan kriteria “Sangat baik” ujicoba kelompok besar dilakukan di SMPN 22 Tanjung Jabung Timur dengan subjek ujicoba 15 orang siswa memperoleh skor 750 dengan kriteria “Sangat baik” sedangkan skor persepsi guru mata pelajaran PJOK adalah 47 dengan kriteria “Sangat baik”. Dengan demikian, Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Materi Sepak Bola  kelas VIIIA SMPN 22 Tanjung Jabung Timur dinyatakan layak untuk digunakan sebagai multimedia pembelajaran disekolah  menengah pertama  pada materi sepak bola, sebagai alternative media pembelajaran mandiri siswa. Penelitian ini dapat dijadikan acuan dan mengembangkan produk media yang relevan.

Article Details

How to Cite
Okpizal, Y. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATERI SEPAK BOLA KELAS VIIIA SMP NEGERI 22 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 953-960. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1186
Section
Articles

References

Adri, Muhammad. (2008). Konsep Dasar E-learning dengan Moodle. Ilmu Komputer.Com.

Akbar, Sa'dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Akmal, Muhamad (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif pokok bahasan sistem koordinasi dengan menggunakan adobe flash CS8. Jambi : UNJA

Ariesto H. Sutopo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ariesto H Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cole, Jason. (2007). Using moodle. Teaching with the Popular Open Source Course Management System. Second Edition.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah bagian Proyek Penataan Guru SLTP Setara D-III

Hasbullah. (2006). Perancangan dan Implementasi Model Pembelajaran E-learning untuk Meningkatkan KUALITAS pembelajaran di JPTE FPTK UPI.

Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Jayan, (2006). Animasi Kartun Lucu dan Interaktif, Palembang, Maxikom

Jaya, Kumar C.Koran. (2002). Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia.

Kamarga, Hanny. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.