PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN RENANG GAYA KUPU-KUPU PADA ATLET JUNIOR OSCAR SWIMMING CLUB JAMBI

Main Article Content

Kishy Indas Rusyadi
Sukendro Sukendro
Urip Sulistiyo

Abstract

Permasalahan yang ada di Club Renang Oscar Swimming Club Jambi adalah atlet kesulitan dalam mempelajari renang gaya kupu-kupu, terbukti dengan belum baiknya gerakan renang gaya kupu-kupu yang dihasilkan oleh atlet junior. Selain itu, belum adanya pemanfaatan media dalam latihan, serta tahapan latihan kurang diperhatikan. Media pembelajaran dapat dimanfaatkan sebab media bisa membantu atlet dalam berlatih, serta media bisa menarik perhatian atlet, sehingga bisa meningkatkan motivasi atlet dalam proses latihan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran video tutorial renang gaya kupu-kupu pada atlet pemula/ junior. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan atlet. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media, ahli materi, dan atlet. Hasil penelitian menunjukkan empat langkah yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi memperoleh skor 3 pada aspek materi masuk kategori sangat baik dan 2,8 pada aspek pembelajaran masuk kategori baik. Ahli media menilai 3,1 pada tampilan kategori baik dan 3,1 untuk aspek pemrograman kategori sangat baik. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penilaian produk, media pembelajaran berbasis video tutorial renang gaya kupu - kupu baik digunakan sebagai media bantu proses latihan di Club Renang Oscar Swimming Club Jambi.

Article Details

How to Cite
Indas Rusyadi, K., Sukendro, S., & Sulistiyo, U. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN RENANG GAYA KUPU-KUPU PADA ATLET JUNIOR OSCAR SWIMMING CLUB JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 906-915. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1178
Section
Articles

References

Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai. Journal Of Moral And Civic Education, 1(1), 14-24.

Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209-222.

Fenanlampir, A. (2020). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Jakad Media Publishing.

Fauziah, E. A. (2014). Perbedaan Hasil Tolakan Parallel Feet Placement Dan Staggered Feet Placement Pada Start Bawah Renang Gaya Punggung (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.

Pane, A. D. P., & Akhmad, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Tutorial Materi Renang Gaya Bebas Untuk Sma Sederajat.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pramusita, M. D. (2015). Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Pusat Pembinaan Olahraga Renang Di Sleman (Doctoral Dissertation, Uajy).

Priana, A. (2019). Pengaruh Alat Bantu Latihan Pull Buoy Terhadap Prestasi Renang Gaya Dada. Journal Of Sport (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, And Training), 3(1), 9-14.

Pribadi, B. A. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Pt Dian Rakyat.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Prenada Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian & Pengembangan Reserch and Development. Bandung. Alfabeta.

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(1).

Utami, D. (2015). Peran fisiologi dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia menuju sea games. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2).

Yaumi, M. (2017). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Kencana.