ANALISIS MINAT PENANAMAN MODAL DALAM NEGRI DAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA

Authors

  • Valencia Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Kaylla Manisha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.640

Keywords:

Minat, Penanaman modal dalam negeri, Penanaman modal asing, Pasar modal, Produk, Sanksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara detail tentang pertumbuhan minat dalam Penanaman Modal Dalam Negri serta Penanaman Modal Asing dalam Negri dengan metode pendekatan studi Pustaka. Selain itu, penelitiaan ini juga meneliti pasar modal sebagai salah satu instrument keuangan jangka panjang yang didalamnya juga mengeluarkan produk- produknya tersendiri. Di dalam pasar modal terdapat berbagai peraturan yang apabila dilanggar akan terkena pasal terkait. Pasar modal sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang ataupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta. Dengan adanya pasar modal, para pemodal dimungkinkan untuk melakukan disversifikasi investasi, membentuk portofolio sesuai dengan risiko yang mereka bersedia tanggung dan tingkat keuntungan yang mereka harapkan.

References

Brigham., Eugene, F., Daves, & Philip, F. 2010. Intermediate Financial Management. 10 th Edition. Thomson South Western Elton, E.J., & Gruber, M.J. 1991.
Modern Portofolio Theory and Investment Analysis, Jhon Wiley and SonsFahmi., Irham & Hadi, Y.L. 2009.
Teori Portofolio dan Analisis Investasi.
Teori dan Soal Jawab. Bandung: Penerbit Erlangga Fama, E.F. 1970. Efficient Capital Market : A Review of Theory and Empirical Works. Journal of Finance, May Hanafi, Mahduh & Husnan, S. 1991.
Perilaku Harga Saham di Pasar Perdana : Pengamatan di Bursa Efek Jakarta selama 1990. Manajemen dan Usahawan Indonesia, Nopember Husnan & Suad. 2009.
Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Keempat. Yogyakarta : UPP
STIM YKPN Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE Aminuddin Ilmar, 2010, Hukum Penanaman Modal di Indonesia, Cet. ke-4, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Handri Raharjo, 2009, Hukum Perjanjian di Indonesia, Pustaka Yustisia, Yogyakarta.
H. Salim HS., 2012, Hukum Investasi di Indonesia, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Peter Mahmud Marzuki, 2009, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Putri, V., & Manisha, K. . (2021). ANALISIS MINAT PENANAMAN MODAL DALAM NEGRI DAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 757–767. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.640