ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PT KMI WIRE CABLE TBK

Authors

  • Risa Hasanah Nasution Pascasarjana Fakultas Manajemen Universitas Mercubuana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v2i3.425

Keywords:

Laporan keuangan, Likuiditas, Solvabilitas

Abstract

Persaingan bisnis menuntut setiap perusahaan untuk mampu menunjukkan kinerja terbaik dari setiap bisnis yang dijalankan. Penilaian kinerja melalui laporan keuangan yang didapatkan pada data dan kondisi masa lalu sulit untuk mengekstrapolasikan ekspektasi masa depan. Ukuran kinerja keuangan akan bekerja dengan baik bila diterapkan pada seluruh entitas usaha dimana investasi, operasi dan pembiayaan secara kolektif dikendalikan dan dikelola oleh manajemen. Dengan analisis ini menggambarkan bahwa kinerja perusahaan mengalami pertumbuhan yang baik atau tidak melalui metode perhitungan rasio keuangan dengan membandingkan laporan keuangan selama tiga periode. Penyusunan laporan keuangan harus mengacu kepada prinsip akuntansi keuangan perusahaan yang diterima umum. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Penerapan Analisa Laporan Keuangan pada PT. KMI Wire Cabel Tbk. (2) Menilai Analisa Laporan Keuangan Sebagai Dasar Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. KMI Wire Cable Tbk. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan menggunakan prosedur observasi melalui data laporan tahunan (Annual Report) pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa likuiditas perusahaan tahun 2018 dan 2019 cukup baik Solvabilitas perusahaan terlihat cukup baik, dimana perusahaan dapat memenuhi seluruh total kewajiban-kewajibannya apabila perusahaan mengalami likuidasi.

References

Anthony, Robert N dan Govindarajan, Vijay, 2005, Management Controll System 11th edition,
PT. Salemba Emban Patria. Penerjemah FX Kurniawan Tjakrawala.
Bambang Agus Pramuka, 2002, Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan Dalam
Memprediksi Perubahan Laba dimasa Yang Akan Datang : Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEJ, Tesis, Universitas Gajah Mada. Bambang Riyanto, 2000, Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi keempat, Yogyakarta: BPFE UGM.
Sofyan Syafri Harahap,2002, Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan, PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta
John J. Wild, K.R Subramanyam, Robert F. Halsey, 2005, Financial Statement Analysis Edisi
8 Salemba Empat.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta : Mitra Wacana Media. Fraser, Lyn M. dan Aileen Ormiston. 2008. Memahami Laporan Keuangan. Edisi Ketujuh.
Indeks. Indonesia.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan keempat,
Semarang : Universitas Diponegoro.
Kasmir, 2010. Analisis Laporan Keuangan, edisi 3. Jakarta: Rajawali Pers Hanafi, Mamduh M,
dan Halim, Abdul. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN
Lusiana, Farida Wahyu. 2010. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio
Aktivitas dan Rasio Profitabilitas terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Karya ilmiah. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Semarang. Margaretha, Farah. 2014. Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Dian Rakyat.
Zainab. 2014. Analisis Pengaruh Likuiditas, Aktivitas dan Solvabilitas terhadap Laba pada
Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Karya Ilmiah. Fakultas
Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan.

Downloads

Published

2021-02-14

How to Cite

Hasanah Nasution, R. (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PT KMI WIRE CABLE TBK. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(3), 300–313. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i3.425