ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (Studi Kasus pada Roman Indah Ukm di Padang)

Authors

  • Marta Widian Sari Universitas Putra Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.39

Keywords:

Matriks SWOT, Matriks QSPM,Strategi Pemasaran.

Abstract

Roman Indah UKM Padang merupakan pabrik tas yang tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berada di Jl. Aur Duri Padang, perusahaan ini memenuhi permintaan pembuatan tas untuk perlengkapan kegiatan seperti; kogres, seminar, wisuda, diklat, dan kontigen. Metode yang digunakan adalah SWOT dan QSPM. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh nilai dari matriks IFE sebesar 3,187981859 sedangkan matriks EFE sebesar 3,141693291. Kemudian hasil yang diperoleh pada matriks IE yaitu menempatkan perusahaan berada pada se I yang disebut strategi tumbuh dan kembangkan. Pada posisi tersebut, perusahaan melakukan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kemudian hasil yang diperoleh pada matriks QSPM, alternatif strategi yang paling menarik dan diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu Menerima mahasiswa dan murid SMK magang atau PKL untuk memperoleh tenaga kerja yang terampil, dengan nilai TAS sebesar 0,6802.

References

Aarker, David. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Abdullah, Tamrin, Francis Tantri. 2015. Manajemen Pemasaran. Cetakan empat, Edisi1. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdurrahman, N.H. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
David, Fred R. 2012. Strategic Management (Manajemen Strategis Konsep). Jakarta: Salemba Empat.
Eli, RP. Purba, C. Kusumadmo, E., 2015. Aanalisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) di Nimco Indonesia.Jurnal. Universitas Atma Jaya Yogyakarta: Nimco Indonesia.
Mirzakhani, M. Parsamal. E. Golzar, A. 2014. Strategy Formulating With SWOT Matrix: Acase Study An Iranian Company. Payam Noor University. Iran: Iranian Company.
Mulyadi, D. Muslihat, A. Priyanto, A. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Jasa Lembaga Pembiayaan Non Bank Pada PT Oto Multiarha Karawang. Jurnal Manajemen Vol.09 No.2. Karawang: Oto Multiarha.
Ningrum, LTW. Diana, WAP. Putri, S.A. 2014. Perencanaan Strategi Pengembangan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus KUD DAU Malang, Jawa Timur). Jurnal Jawa Timur: KUD DAU Malang.
Nugraha, Agipta Soma. 2011. Strategi Pemasaran Kripik Tempe Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nugroho, Aris. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planing Matrix (QSPM) Pada Usaha Mebel. Jurnal. Santakarya: Wirasindo.
Purwandari, Suci. 2015. Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Sebagai Landasan Menentukan Strategi Pemasaran Pada SMK Citra Medika Sukoharjo. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : Vol. 1 No. 3. Sukoharjo: SMK Citra Medika.
Rifai, Bachtiar, 2012. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Mebel.
Selang, CAD. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mark Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Suyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: CAPS.
Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis. Surabaya. Kata Pena.

Downloads

Published

2019-10-28

How to Cite

Widian Sari, M. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (Studi Kasus pada Roman Indah Ukm di Padang). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 86–96. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.39