ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BAGIAN SEKRETARIAT PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA PADANG

Authors

  • Arbiuddin Syahputra Hakim Harahap Universitas Putra Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.37

Keywords:

Analisis Strategi, Analisis SWOT, Kinerja, Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Peningkatan  Kinerja Bagian Sekretariat  Pada  Dinas  Dikpora  Kota Padang. Metode  penelitian  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif, dengan populasinya  seluruh pe gawai Bagian Sekretariat pada Dinas Dikpora Kota Padang. Sampel ditarik secara non probability sampling dengan penetapan anggota sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, maka sampel diambil dari semua anggota populasi yang ada dengan memperhatikan segi objektivitas. Selanjutnya, teknis analisis yang digunakan untuk membuktikan pengujian hasil penelitian adalah dengan teknik analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja Bagian Sekretariat pada Dinas Dikpora Kota Padang perlu memperhatikan  kekuatan organisasi yang sangat dominan terdiri dari;  Manajemen  dan  Struktur  Organisasi  serta    Prosedur  dan  Kewenangan  Organisasi dengan  TNB  sebesar  3,81;  kelemahan  organisasi  yang  teridentifikasi  yaitu  kualitas  SDM masih rendah serta sarana dan prasarana penunjang relatif masih kurang.

References

Gomes, Foustino Cardoso (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Andi Offset, Yokyakarta.
Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Jakarta.
LAN-RI., (2000). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI), Jakarta
Mustopadidjaja, A.R., (2003). Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah, Modul 3 dari 5 Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), LAN-RI dan Badan Pengawas Keuangan Dan Pembangunan, Jakarta.
Rangkuti, F., 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan ke-12, PT.Gramedia Pustaka, Jakarta.
Salusu, J., (2003). Pengambilan Keputusan Stratejik, Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, Grasindo, Jakarta.
Siagian, S.P., (2004). Manajemen Stratejik, Bumi Aksara, Jakarta.
Sianipar dan Entang (2001). Teknik-teknik Analisis Manajemen (TAM) Modul Diklat Kepemimpinan Tingkat III, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta.
Sugiyono, (2005). Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2019-10-28

How to Cite

Syahputra Hakim Harahap, A. (2019). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BAGIAN SEKRETARIAT PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA PADANG. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 69–75. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.37