PENDEKATAN QSPM SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PADANG SIDIMPUAN

Authors

  • Erwin Hotmansyah Harahap Universitas Putra Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.36

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah, Evaluasi Faktor Internal, Evaluasi Faktor Eksternal, Matriks Perencanaan Strategis.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengaruhnya terhadap peningkatan pendapatan daerah. Penelitian ini dilakukan pada Pendapatan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini juga ingin mengetahui bahwa strategi PAD didasarkan pada potensi dan peluang. Analisis menggunakan IFE, EFE, SWOT, dan kemudian QSPM untuk memilih formulasi strategis; dan model proporsi. Hasil analisis Internal - Eksternal menunjukkan bahwa strategi peningkatan PAD belum didasarkan pada potensi dan peluang yang mereka miliki. Pendapatan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota Padangsidimpuan memerlukan strategi intensifikasi untuk meningkatkan PAD. Dengan analisis QSPM, Pendapatan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota Padangsidimpuan perlu strategi ekstensifikasi untuk penerimaan PAD.

References

David, Fred R., (2001). Strategic Management, Concept, and Cases, New Jersey: Prentice Hall.
Dewi, Elita, (2002). Identifikasi Sumber Pendapatan Asli Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah, Makalah Seminar Digital Universitas Sumatera Utara.
Dianto, M. (2000). Upaya yang Dilakukan Daerah untuk Peningkatan PAD, Yogyakarta: Program Pascasarjana UGM.
Dyson, Robert G., (2003). Strategic Development and SWOT Analysis at the University of Warwick, European Journal of Operational Research Vol. 152, (3), 631-640.
Halim, Abdul, (2001). Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Mooney, Dick, (2001). SWOT Analysis – A Structured Way to Plan, Communicator, Vol. 2 (4).
Muluk, Khairul, (2003). Kinerja Lima-E, Keuangan Publik, Jurnal Forum Inovasi, Vol 1(2), Jakarta.
Sarkis, Joseph, (2003). Quantitative Models for Performance Measurement Systems - Alternate Considerations (Quantitative Strategic Planning Matrix/QSPM). International Journal of Production Economics. Vol. 86, (1), 81-90.
Setiawan, Rudie (2005) Perumusan Strategi Bisnis dengan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus pada Hotel "X" di Bandung, Tesis Magister Manajemen Bisnis dan Administrasi Teknologi. Bidang Khusus Bisnis Manufaktur, Bandung.

Downloads

Published

2019-10-28

How to Cite

Hotmansyah Harahap, E. (2019). PENDEKATAN QSPM SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PADANG SIDIMPUAN. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.36