ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOMPONEN CABLEDUCT PADA PT. PURA MAYUNGAN (PME)

Authors

  • Victor Victor Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.297

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Komponen Cable Duct

Abstract

  1. PT. Pura Mayungan (PM) adalah salah satu penyedia solusi terintegrasi terkemuka dalam distribusi tenaga listrik Tegangan Menengah (MV) dan Tegangan Rendah (LV). Kami adalah perusahaan milik Indonesia dengan bangga yang merancang, memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan komponen switchboard, Penjualan Cable Duct merupakan salah satu produk andalan produk cable duct. Rumusan masalah yang dapat dipaparkan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengidentifikasi kondisi faktor internal kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), serta faktor kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats) dari produk Saluran kabel (Cable Duct) PT. Pura Mayungan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merumuskan kembali strategi pemasaran PT. PME berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif, metode ini digunakan karena beberapa pertimbangan. . hasil analisis yang dilakukan pada strategi marketing untuk Produk Cable Duct di PT. PME Posisi spot strategy berada pada point (1,2; 0,15) , Pada diagram  tersebut diatas menggambarkan posisi sebuah organisasi yang cukup kuat  dan menghadapi tantangan besar.  Strategi yang disarankan untuk pemasaran produk tersebut adalah Strategi Agresif, Hal itu berarti lini bisnis tersebut memiliki peluang dan kekuatan yang cukup untuk terus digali dan dikembangkan lebih agresif dalam memasarkan produk nya.

References

• Ali, Hapzi. 2020. Modul Strategic Management Program Studi Magister Management. UMB Jakarta
• David, Fred R . 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat : Jakarta.
• Ali, H., Butarbutar, B. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Jus Bawang Putih Dr Juice 5 In 1 (Studi Kasus: CV. Dewi Rejeki Jakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen.
• Kotler, P., Keller K.L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Jakarta : Penerbit Erlangga.
• Umar, P. (2003). Pengolahan Data Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
• Utami, M. (2012). Analisis SWOT Pada Strategi Bisnis Dalam Kompetisi Pasar (Studi Kasus Toko Pajak Madura). Studi informatika : Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1-9.

Downloads

Published

2020-08-04

How to Cite

Victor, V. (2020). ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOMPONEN CABLEDUCT PADA PT. PURA MAYUNGAN (PME). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 620–631. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.297