PERAN MINAT MASYARAKAT DALAM MEMEDIASI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DI KOTA JAMBI

Authors

  • Mahmud Mahmud a:1:{s:5:"en_US";s:69:"Lecturer of Sulthan Thaha Syaifuddin State Islamic University, Jambi ";}

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.28

Keywords:

Strategi Pemasaran, Minat Masyarakat, Keputusan Memilih.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap minat dan keputusan memilih, minat terhadap keputusan memilih, serta menganalisis pengaruh strategi marketing melalui minat sebagai variable intervening terhadap keputusan memilih. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang menyekolahkan anaknya di Madrasah Tsanawiyah Swasta yang terdapat di Kota Jambi dengan jumlah sebanyak 178 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, yang dilanjutkan dengan metode statistik untuk menguji hipotesis yaitu dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dan keputusan memilih, begitu pula minat masyarakat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Selain itu pula strategi pemasaran melalui minat masyarakat juga memiliki pengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam memilih madrasah tsanawiyah di Kota Jambi.

References

Agustin, R.D., Kumadji, S dan Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. (Survey Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22 No. 2.
Alma, B. (2005). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Barizi, A. (2011). Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.
Dagun, M.S. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Ferdinand, A. (2012). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firdaus, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen membeli Produk Perumahan (Studi pada Perumahan Surya Mandiri Teropong PT. EFA Artha Utama). JOM FISIP, Vol. 4, No. 1.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Undip.
Kinnear, T.C., dan Taylor, J.R. (2003). Riset Pemasaran, (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Marhadi., Ayu, N., dan Noviasari, H. (2013). Pengaruh Strategi Freen Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli Rumah Di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Volume 21, Nomor 2.
Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, Z.E. (2017). Pelaksanaan Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi IAIN Surakarta.
Putra, A.D., Lapian, J., & Lumanauw, B. (2014). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Minat Membeli Kembali Voucher Isi Ulang Telkomsel. Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3.
Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. II, No. 2.
Rusno (2008). Pengaruh karakteritik Individu Lingkungan dan Bauran Karakteristik Individu Lingkungan dan Bauran Pemasaran PTS Terhadap keputusan Mahasiswa dalam Melanjutkan Study Padab PTS di Kota Malang, Jurnal Ekonomi MODERNISASI.
Sciffman, Leon dan Lesslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ketuju. Jakarta: PT. Indeks.
Septiani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 13, No. 2.
Siswanto, H.B. (2012). Pengantar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriyani. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1.
Swastha, B dan Handoko, T.H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.
Terry, G,R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen, Alih Bahasa J. Smith. D.F.M. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, D. (2008). Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jurnal pendidikan Penabur Nomor 11/Tahun ke-7.Jakarta: BPK Penabur (online).

Downloads

Published

2019-10-25

How to Cite

Mahmud, M. (2019). PERAN MINAT MASYARAKAT DALAM MEMEDIASI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DI KOTA JAMBI. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.28