PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MEDIA SOSIAL, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA/I PADA SMK NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH

Main Article Content

Suratno
Farida Kohar
Rosmiati
Ari Kurniawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha; 2) pengaruh media sosial terhadap motivasi berwirausaha; 3) pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan media sosial  secara simultan terhadap motivasi berwirausaha; 4) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; 5) pengaruh media sosial terhadap minat berwirausaha; 6) pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha; dan 7) pengaruh pengetahuan kewirausahaan, media sosial dan motivasi berwirausaha secara simultan terhadap minat berwirausaha. Pengujian ini dilakukan dengan analisis jalur (path analisys) yang dilanjutkan dengan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan alat bantu SPSS 21.0. for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Sungai Penuh yang terdiri dari Sembilan kelas dengan jumlah 293 siswa/I. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha; 2) media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha; 3) pengetahuan kewirausahaan dan media sosial secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha; 4) pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha; 5) media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha; 6) motivasi berwirausaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha; dan 7) pengetahuan kewirausahaan, media social, dan motivasi berwirausaha secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa/I SMK Negeri 1 Kota Sungai Penuh

Article Details

How to Cite
Suratno, Kohar, F., Rosmiati, & Kurniawan, A. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MEDIA SOSIAL, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA/I PADA SMK NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 477-490. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.212
Section
Articles

References

Ali, H., Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi). Yogyakarta: Deeppublish.
Anggraeni, B dan Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. X, No. 1.
Aprilia, F., Harnanik., dan Kusumantoro. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kandeman kabupaten Batang 2011/2012. Economic Education Analysis Journal (EEAJ), Vol. 1, No. 2.
Haqq, H.I., Sebayang, A.F., dan Haviz, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minar Entrepreneur (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung). Prosiding Ilmu Ekonomi, Volume 2, No. 2.
Hendrawan, J.S dan Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneuership, Vol. 2, No. 3.
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kotler, P & Keller, K.L. (2012). Manajemen pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 &2, Terjemahan Benyamen Molan. Jakarta: PT.Indah.
Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Economic Education, Vol. 1, No. 1.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saiman, L. 2011. Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Sampurna, A.A. (2015). Minat Berwirausaha Ditinjai Dari Motivasi Berwirausaha dan Prestasi Belajar Mata pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Kerawitan dan Seni Tari SMK negeri 8 Surakarta Tahun Jaran 2014/2015. Artikel Publikasi Ilmiah.
Sari, I.P., & Maya, S. (2017). Social Media dan Social Shooper Terhadap Motivasi Wirausaha pada Mahasiswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan LPPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Prosiding 2017 "Memajukan Kewirausahaan dalam Upaya Membangun Indonesia.
Suryana, Y. & Bayu, K. (2014). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Tung, L. C. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students. Dissertation. City University of Hongkong: Run Run Shaw Library.