PERANCANGAN ALAT BANTU SWING OTOMATIS UNTUK MENGURANGI KEGAGALAN PRODUK PADA INDUSTRI BAHAN BANGUNAN

Authors

  • Pawenary Pawenary Sekolah Tinggi Teknik PLN
  • Teuku Yuri M. Zagloel Universitas Indonesia
  • Erlinda Muslim Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.191

Keywords:

Redesign, Swing Otomatis, Sensor Proksimitas, Solenoid Valve Pneumatic

Abstract

Kegagalan produk adalah kondisi suatu produk yang tidak sesuai dengan maksud atau tujuan yang diinginkan. Pengendalian kegagalan produk merupakan suatu sistem verifikasi dan penjagaan/ perawatan dari suatu tingkatan kualitas produk atau proses yang dikehendaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang tepat untuk digunakan dalam perancangan dan pemasangan alat bantu agar mengurangi kegagalan produk. Selain itu penelitian ini memberikan gambaran mengenai perbaikan alat bantu swing otomatis agar produk yang terbuang dapat dimanfaatkan lebih maksimal, sehingga perusahaan dapat meningkatkan keuntungannya. Dari studi literatur didapatkan perancangan dan redesign untuk perbaikan alat bantu ini baik menggunakan dua metode, yaitu : Focus Group Discussion dan Quality Function Development. Selanjutnya alat bantu swing otomatis dianalisis dan hasilnya ia dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa membantu perusahaan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Penggunaan sensor proksimitas yang mampu mendeteksi kontak fisik dapat digunakan untuk memudahkan perancangan swing otomatis tersebut. Dengan digunakannya solenoid valve pneumatic, menjadikan alat tersebut bekerja dengan lebih baik.

References

I. D. Widodo, “Perencanaan dan Pengembangan Produk,” UII-Press: Yogyakarta, 2003.
W. E. Deming, Quality, Productivity, and Competitive Position. Massachusetts Institute of Technology, Center for Advanced Engineering Study, 1982.
M. N. Nasution, Manajemen mutu terpadu edisi kedua, 2nd ed. Ghalia Indonesia, 2005.
S. Assauri, “Manajemen operasi dan produksi,” Jakarta LP FE UI, p. 210, 1998.
V. Gasperz, Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.
D. W. ARIANI, Manajemen kualitas.-- ed.1. Universitas Atma Jaya, 1999.
L. Cohen, Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You, 1 edition. Reading, Mass: Prentice Hall, 1995.
M. Gunduz and B. Simsek, “A strategic safety management framework through balanced scorecard and quality function deployment,” Can. J. Civ. Eng., vol. 34, no. 5, pp. 622–630, May 2007.
S. HARTANTO, “ANALISA KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: Perpustakaan Pusat UMS ),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.
K. C. Tan and T. A. Pawitra, Integrating SERVQUAL and Kano’s model into QFD for service excellence development, vol. 11. 2001.
A. H. Nasution, “Manajemen industri,” Yogyakarta Penerbit Andi, 2006.
I. Surjandari, “Conjoint Analysis: Konsep dan Aplikasi,” Penerbit Univ. Trisakti Undang. RI, no. 7, 2010.
Imam Djati Widodo, Perancanaan dan Pengembangan Produk. Yogyakarta: UII Press, 2006.
P. De Klein, Perancangan dan pengembangan produk?: Karl T. Ulrich, Steven D. Eppinger?; terj. Nora Azmi, Iveline Anne Marie. Salemba Teknika, 2001.
Y. Zulian, “Manajemen Produksi dan Operasi,” Ed. Kedua, Ekonisia, Yogyakarta, 2003.
J. Heizer and B. Render, OPERATIONS MANAGEMENT (Manajemen Operasi), 7th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2005.
R. B. Chase, F. R. Jacobs, and N. J. Aquilano, Operations Management for Competitive Advantage 11th edition, 11th edition. McGraw-Hill/Irwin, 2006.
R. G. Schroeder, Manajemen Operasi, 3rd ed. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.
I. Z. Sutalaksana, Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung Press, 1979.

Downloads

Published

2020-04-26

How to Cite

Pawenary, P., Teuku Yuri M. Zagloel, & Erlinda Muslim. (2020). PERANCANGAN ALAT BANTU SWING OTOMATIS UNTUK MENGURANGI KEGAGALAN PRODUK PADA INDUSTRI BAHAN BANGUNAN. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 392–400. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.191