ANALISIS SWOT UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI BERSAING PADA PT. MENARA ANGKASA SEMESTA CABANG SENTANI

Authors

  • Iqbal Kamaluddin Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.183

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, IFAS, EFAS, Matriks IE

Abstract

PT Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani adalah perusahaan swasta yang bergerak di bisnis jasa tata operasi darat atau biasa dikenal dengan istilah ground handling yang berdiri di tahun 2013. Perusahaan belum memiliki perumusan strategic planning yang telah melalui proses analisis sehingga memungkinkan perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal kekuatan (Stregths) dan peluang (Opportunities), dan faktor kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats), selain itu agar dapat merumuskan strategi bisnis perusahaan dan memberikan usulan atau rekomendasi strategi bisnis yang digunakan perusahaan. Hasil pnelitian diharapkan menjadi tolak ukur atau pijakan untuk menyusun suatu perencanaan yang baik di masa yang akan datang dan merupakan suatu analisis yang efektif bagi perkembangan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari:  Tahap pengumpulan data (evaluasi faktor eksternal dan internal), analisis SWOT, matriks strategi IFAS EFAS, dan matriks IE. Hasil tabel IFAS dan EFAS didapatkan nilai IFAS sebesar 2.88 dan skor untuk hasil EFAS sebesar 2.78, dan apabila dikonversikan kedalam gambar diagram IE Matriks, maka hasilnya terletak di kuadran V, artinya perusahaan masuk kedalam fase pertumbuhan dan stabilitas (growth and stability).

 

References

Ali, Hapzi. 2020. Modul Strategic Management Program Studi Magister Management. UMB Jakarta.
Boone., Louis, E. Kurtz., David L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
David, F.R. (2009). Strategic Management,12thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
David, Fred R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases, 3rd ed. New Jersey:Pearson Prentice Hall.
Eddy, Y. (2016). Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.
Kaplan., Norton. (2008). The Execution Premium: Linking Strategy To Operation For Competitive. Boston: Harvard Business School Publishing Corporation.
Nedelea, S., Paun, L.A. (2009). The Importance of Strategic Management Process In The Knowledge-Based economy. Review of International.
Porter, M.E. (1996). On Competition, Boston: Harvard Business School Publishing Corporation.
Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiono, (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjoe, T.F., Sarjono,H.(2010). Strategi Bisnis Pada PT. CTL Dengan Pendekatan Metode TOWS, Binus Business Review, 1(2), 434-447.
Umar, P. (2003). Pengolahan Data Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
Utami, M. (2012). Analisis SWOT Pada Strategi Bisnis Dalam Kompetisi Pasar (Studi Kasus Toko Pajak Madura). Studi informatika : Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1-9.

Wheelen, T.L., Hunger, J.D. (2012). Strategic Management and Business Policy, 13thed. United States: Pearson.
Wiagustini, N.L.P., Pertamawati, N.P. (2015). Pengaruh Risiko Bisnis dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa eEek Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 9(2), 112-112.

Downloads

Published

2020-04-26

How to Cite

Kamaluddin, I. (2020). ANALISIS SWOT UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI BERSAING PADA PT. MENARA ANGKASA SEMESTA CABANG SENTANI. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342–354. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.183