Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2020 dan 2021

Authors

  • Ari Sulistyowati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Siti Wahdaniyah Putri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Salsabil Hasani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Friska Monika Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Samuel Sandi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Yoga Karuniawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.1802

Keywords:

Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Minat Investasi

Abstract

Meningkatnya jumlah investor disebabkan oleh semakin besarnya minat berinvestasi. Namun pada kasus pelajar, sudah ada minat untuk berinvestasi namun terdapat kendala karena kurangnya pemahaman tentang keuangan dan investasi itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan adanya literasi keuangan dan pengetahuan investasi untuk menunjang kegiatan berinvestasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi khususnya pada mahasiswa FEB Ubhara angkatan 2020 dan 2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB Ubhara angkatan 2020 dan 2021 yang berjumlah 941 orang dengan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin secara simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi. Secara simultan literasi keuangan dan pengetahuan investasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi.

References

Alfrita, E. E. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Allgood, S., & Walstad, W. B. (2016). The Effects of Perceived and Actual Financial Literacy on Financial Behaviors. Economic Inquiry.

Apriliani, A. F., & Murtanto. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Teknologi Media Sosial Terhadap Minat Investasi. Jurnal Investasi.

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Anwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan .

Cahya, B. T., & W, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Service Review.

Darmawan, A., & Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Jurnal Neraca Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.

Djaali. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faidah, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. JABE: Journal of Applied Business and Economic.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawati, N. T. (2020). The Effect of Financial Literacy, Gender, and Students’ Income on Investment Intention: The Case of Accounting Students. International Journal of Business Administration.

Ismanto, H., Widiastuti, A., Muharam, H., Pangestuti, I. R., & Rofiq, F. (2019). Perbankan dan Literasi Keuangan. Yogyakarta: Budi Utama.

Kumanireng, I. H. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Pajak, dan Literasi Digital Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta di Pasar Modal. JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi).

Kurnia, K., & Dkk. (2019). PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius).

Kusnadi, F. N. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Medika Utama.

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihatin, S. (2019). ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PELATIHAN PASAR MODAL, MODAL INVESTASI MINIMAL DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL (STUDI PADA PT PHINTRACO SEKURITAS BRANCH OFFICE SEMARANG). Jurnal Aktuan Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS).

Marlin, K. (2020). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Return, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Pada Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia IAIN Batusangkar. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia.

Melani, A. (2021, Februari 24). Liputan 6. Diambil kembali dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/saham/read/4491870/investor-muda-melonjak-bei-ingatkan-pentingnya-edukasi-terkait-pasar-modal?page=2

Nurdin Nurdin, I. M., Nurfitriani, & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah.

Oktaviani, W., Wulandari, H. K., & Rahmawati, T. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Studi Empiris Karyawan Swasta di Kecamatan Wanasari. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika.

Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal . Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan.

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). PENGARUH MOTIVASI INVESTASI DAN PENGETAHUAN INVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA FE UNY. Jurnal Profita.

Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). LIiterasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal . Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.

Pratama, Z., & Lubis, F. h. (2020). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jaminan Pada Investasi Digital Cyronium Coin. Jurnal Muamalah.

Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal . Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Saputra, R. F., Suyanto, & Japlani, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Dengan Perkembangan Teknologi Digital Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro). AKTIVA: Jurnal Akuntansi.

Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal. JUrnal JDM.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Barupress.

Taufiqoh, E., Diana, N., & Junaidi. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahaiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNBRAW di Malang). JRA: Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi.

Triana, O. F., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam.

Wardani, D. K., & Supiati. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal dan Persepsi atas Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Maranatha.

Wibowo, A., & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM).

Yushita, A. N. (2018). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI. Nominal:Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Sulistyowati, A., Putri, S. W., Hasani, S., Monika, F., Sandi, S., & Karuniawan, Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2020 dan 2021. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3), 103–114. https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.1802