A STRATEGIC MANAGEMENT ANALISIS SWOT PADA PRODUK CAKEKINIAN

Main Article Content

Khairun Nisa Syafri

Abstract

Cakekinian sesuai dengan namanya adalah produk kue bolu yang mengikuti tren masa kini. Bisnis kuliner yang dijalankan oleh pasangan selebgram Arief Muhammad dan Tiara Pangestika seorang enterprenuer muda dan juga youtuber. Memiliki daya saing yang cukup kuat karena memiliki produk dan brand image yang unik didukung dengan kualitas juga citarasa yang selalu memberi kepuasan pada konsumennya. Tujuan adanya penelitian ini salah satunya yaitu untuk mempelajari kondisi dari segi kekuatan dan kelemaham juga peluang dan ancaman yang ada pada bisnis Cakekinian melalui Analisis SWOT. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan dengan pengumpulan data sekunder dapat disimpulkan bahwa  kekuatan yang dimiliki lebih besar dari kelemahan yang ada serta peluang yang ada juga memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan nilai skor ancaman melalui faktor internal maupun eksternal. Untuk itu perusahaan dapat memanfaatkan beberapa strategi seperti mulai menggunakan sistem online agar mempermudah konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, menambah outlet dan selalu menambah inovasi agar dapat mempertahankan dan mengembangkan Cakekinian secara mendunia.

Article Details

How to Cite
Syafri, K. N. (2020). A STRATEGIC MANAGEMENT ANALISIS SWOT PADA PRODUK CAKEKINIAN. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 511-521. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.174
Section
Articles

References

Aipama, W. (2019). Analisis SWOT Pada PT Media Pajak Indonesia (TAXMEDIA). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1 (1), 182-186.
Buchori, H. A., & Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Chrismastianto, I. A. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20 (1), 131-144.
Dalimunthe, L. (2019). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Analisis SWOT Divisi Cash Processing Center Pada PT Advantage SCM Kota Padang. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1 (1), 76-85.
Harahap, A. S. (2019). Analisis Strategi Peningkatan Kinerja Bagian Sekretariat Pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Padang. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1 (1), 69-75.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jiid 1) (Edisi 3). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Manajemen. Jakarta : Erlangga.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran (Teori & Implementasi). Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
Yeni, F., Erwin, G., & Ali, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi persaingan bisnis PadaPT. Federal Internasional Finance FIF Grup Di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1 (1) 38-54.