PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORY SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE DAN PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWI PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA

Authors

  • Kornelia Johana Universitas Dian Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Fitri Dwi Lestari Universitas Dian Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Della Nurul Fauziah Universitas Dian Nusantara, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v1i3.111

Keywords:

Social Media, Self Disclosure, Instagram Story

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan teknologi kemunculan media sosial yang digunakan sebagai sarana komunikasi informasi, dan salah satu kegunaannya adalah untuk menyampaikan informasi tentang penggunanya, hal ini terkait dengan pengungkapan diri, fenomena keterbukaan dan pengurungan melalui Instagram terbaru. Fitur, Instagram Story menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Instagram Story telah menjadi tempat untuk mengekspresikan diri Anda kepada sebagian besar pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan deskripsi dan perilaku yang mendorong siswa perempuan untuk melakukan pengungkapan diri melalui kisah diri Instagram yang dilakukan oleh siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang digunakan, yaitu fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram Story, yaitu Public Relations University of Mercu Buana. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang, di antaranya 4 adalah pengguna aktif Fitur Cerita Instagram sementara 1 informan adalah pengguna pasif Instagram Story. Pengumpulan data dalam wawancara mendalam dan studi pustaka serta studi buku referensi terkait dengan masalah penelitian dalam penelitian ini, hasil penelitian ini adalah pengungkapan diri melalui media sosial Instagram di fitur Story pengguna berdasarkan berbagai konsep diri sesuai dengan kebutuhan mereka dalam menggunakan Instagram Cerita sebagai tempat bercerita. Namun, maksud dan tujuan mereka adalah menggunakan Cerita Instagram yang sama, yaitu untuk berbagi tentang kehidupan sehari-hari, kegiatan, atau informasi. Dan seringkali cerita nstagram juga digunakan sebagai tempat untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan dan alami. Studi fenomenologi dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan untuk mengeksplorasi fenomena pengguna Instagram Story.

References

Bazarova, N, Natalya, & Yoon Hyung Choi, (2014). ‘Self-Disclosure in Social Media: Extending the Functional Approach to Disclosure Motivations and Characteristics on Social Network Sites’ Journal of Communication, Vol. 10.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budyatna, M, Muthmainnah Ninna. (2006). Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Cangara, Hafied. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Utama.
Darmawan, Deni. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Devito. J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori & Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gainau, Maryam B, (2009). ‘Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa Dalam Perspektif Budaya Dan Implikasinya Bagi Konseling’. Jurnal ilmiah widya warta, Vol 33.
Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hadijah, Sri, (2015). ‘Self Disclosure Di Media Sosial Pada Mahasiswa Iain Kendari’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol. 7.
Harapan, Edi & Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antarpribadi (Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
J. Severin, Werner & James W. Tankard, Jr. (2011). Teori Komunikasi: Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kandari, Srinivas R. Melkote, Ahmad Sharif, (2016). ‘Needs and Motives of Instagram Users that Predict Self-disclosure Use: A Case Study of Young Adults in Kuwait’ Journal of Creative Communications, Vol. 11.
Kanwal, Abdul Hameed Pitafi, Sadia Akhtar & Muhammad Irfan, (2019). ‘Online Self-Disclosure Through Social Networking Sites Addiction: A Case Study Of Pakistani University Students’ Journal of Creative Communications, Vol.10.
Katadata (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia? Dilihat 14 Maret 2019, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia.
Kilamanca, Desiana Fiskarani. (2010). Hubungan Antara Kebutuhan Afiliasi dan Keterbukaan Diri dengan Intensitas Mengakses Situs Jejaring Sosial Pada Remaja. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Liliweri, A. (1997). Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : PT Citra Adya Bakti.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pamuncak, Dimas. (2011). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook. Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Rakhmat, Jalaluddin. (2003). Psikologi Komunikasi: edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riswandi., (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sears, David O, Jonathan L, Freedman dan L.Anne Peplau. (2008). Psikologi Sosial, Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Sendjadja. S. Djuarsa, dkk. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Univesitas Terbuka, 1994.
Shera, A. (2010). Step by Step Internet Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Instagram Business (2018). Bagaimana Cara Orang Memandang dan Menggunakan Instagram Stories dan Kabar Instagram? San Francisco, CA, dilihat 25 April 2019, https://business.instagram.com/blog/how-do-people-perceive-and-use-instagram-stories-and-feed?locale=id_ID.
Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa (Edisi Kedelapan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-02-29

How to Cite

Johana, K., Lestari, F. D. ., & Fauziah, D. N. . (2020). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORY SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE DAN PERILAKU KESEHARIAN MAHASISWI PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i3.111