PENGARUH BERPIKIR KESISTEMAN DAN KONSEP AL QUR'AN DAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM)

Authors

  • Slamet Munawar Mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi dan Dosen di STIDKI AL AZIZ Batam
  • Kemas Imron Rosadi Dosen Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5.1002

Keywords:

Berfikir Kesisteman, Konsep Al-Qur'an dan Hadits, Mutu Pendidikan

Abstract

Era Modern seperti sekarang ini pengelola lembaga pendidikan harus mampu bersaing dengan lembaga pendidikan bisnis. persaingan mutu organisasi yang terbangun dari perencanaan, proses, dan evaluasi yang sesuai dengan standar atau bermutu. Kualitas (mutu) pada organisasi profit adalah "Doing the right thing, right time, always string for improvement, and always satisfying the customers", maksudnya adalah hasil kondisi produk harus memenuhi beberapa tolak ukur tertentu sesuai dengan kepuasan pelanggan. Mutu yang standar bisa diketahui melalui pengukuran tentang standar itu sendiri. Mutu suatu produk harus menjadi tujuan dan menjadi kerangka kerja bersama untuk mencapainya. Mutu dalam Islam juga sangat penting dan banyak ayat dan hadits yang mendorong mencapaian mutu maksimal bagi lembaga pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dalam Islam sesuai ayat dan hadits sudah ada konsep yang jelas. Berbicara tentang pengertian mutu dan indikatornya, Islam sebagai ajaran yang universal semenjak kedatangannya yang dibawa oleh Rasulullah SAW banyak memberikan landasan-landasan tentang kualitas dan totalitas.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Edgar Wille, Quality: Achieving Excelence, London: Century Bussiness, 1992.

Hadari Nawawi, Manajemen Strategik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2000.

Husaini Usman, Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Imam At-Tabrani dalam al-Mu’jam al-Aswat, No. 897

Imam Baihaqi dalam Sya’bu Al-Imam, No. 5312

Nana Saodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Suyadi Prawirosentono, Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21: Kiat Membangun Bisnis Yang Kompetitif, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Tom Peter, Liberation Management Necessary Disorganization for The Nanosecond Nineties, New York: First Published In The USA, 1992.

Muhammad Fathurrahman dan Sulistyorini, Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2012.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Munawar, S., & Kemas Imron Rosadi. (2022). PENGARUH BERPIKIR KESISTEMAN DAN KONSEP AL QUR’AN DAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 552–560. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5.1002