MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI DARI PERSPEKTIF FASILITAS, CITRA PERUSAHAAN DAN HARGA (SURVEY PADA PERUMAHAN PANORAMA SAKURAN ASRI KOTA JAMBI)

Authors

  • Akhmad Irwansyah Siregar Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i2.778

Keywords:

Fasilitas, Citra Perusahaan, Harga, dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas, citra perusahaan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah subsidi baik secara parsial maupun simultan pada Perumaha Panorama Sakura Asri Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rumah subsidi pada Perumahan Panorama Sakura Asri Kota Jambi dengan jumlah populasi 173 konsumen. Ukuran sampel pada penelitian ini ditentukan melalui formula Slovin dengan error margin 10%, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 64. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data persamaan regresi linier berganda yang dibantu dengan software SPSS 21.0 for windows. Namun sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji kualitas data melalui uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Kemudian uji hipotesis melalui uji F (simultan) dan uji t (parsial). Dari hasil analisis disimpulkan bahwa fasilitas, citra perusahaan dan harga secara bersama-sama berpengaruh positive dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya semakin baik fasilitas yang diberikan oleh perusahaan pada konsumennya, yang didukung pula dengna citra perusahaan yang baik, serta didukung pula dengan tingkat kesesuaian harga yang diberikan, maka hal ini akan semakin meningkatkan keputusan konsumen dalam membeli rumah subsidi.

References

Hapzi Ali. Nandan Limakrisna. (2013). Metodologi Penelitian ( Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. In Deeppublish: Yogyakarta.
Harrison, S. (2010). Marketers Guide To Public Relations. Jakarta: Trans Media pustaka.
Imalia, I dan Aprileny, I. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada PT. Kentanix Supra Internasional). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Iskandar, D.N dan Sumiyati. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian pada Perumahan Grand Mutiara Village Karawang.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, P & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, P & Keller, K.L. (2012). Manajemen pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 &2, Terjemahan Benyamen Molan. Jakarta: PT.Indah.
Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Jakarta: PT. Salemba Emban Raya
Legautu, J., Soegoto, A.S., dan Sepang, J.L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Matahari Department Store Mantos. Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1.
Lesmana, R dan Yustriani. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk. (Persero). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), Vol.1, No.1.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses, Yogyakarta: Kobis.
Melisa, E.B. Go., Lapian, J., dan Moniharapon, S. (2014). Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terahdap Keputusan Menggunakan Jasa pada Sekolah Mengemudi Melati di Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3.
Memah, D., Tumbel, A., dan Rate, P.V. (2015). Analisis strategi promosi, harga, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah di citraland manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 3, No. 1.
Munthe, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian Properti (Studi Kasus: Perumahan Cemara Asri). Tesis Universitas Sumatra Utara.
Nasution, S.L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, dan Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen pada Master Cash & Credit Kota Pinang. ECOBISMA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, Vol. 6, No. 1.
Peter, Paul J. dan Jerry C. Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1 edisi 9. Jakarta: Salemba empat.
Prabowo, Y.W., Apriatni., dan Prabawani, B. (2014). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket PT. POS INDONESIA (Studi pada Kantor Pos Johar Kota Semarang).
Pratiwi, T.C.R dan Widiyastuti, T. (2018). Analisis Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha di CV Alvina Indah Motor Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol. 3, No. 2.
Schiffman, L dan Kanuk, L.L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho J. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Stanton, W.J (2008). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Steinmetz, Lawrence L. (2011). How to Sell at Margings Higher than Your competitors. University of Michigan.
Sugianto, R dan Ginting, S.O. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, Volume 10, Nomor 01.
Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Central of Academic Publishing Service).
Tjiptono, F dan Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Zhang, Yang. (2009). A Study of Corporate Reputation’s Influence on Customer Loyalty Based on PLS-SEM Model. International Business Research.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Irwansyah Siregar, A. . (2021). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI DARI PERSPEKTIF FASILITAS, CITRA PERUSAHAAN DAN HARGA (SURVEY PADA PERUMAHAN PANORAMA SAKURAN ASRI KOTA JAMBI). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 212–224. https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i2.778