ARISAN UANG DALAM MENAMBAH KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA PANDAN LAGAN KECAMATAN GERAGAI)

Authors

  • Ruwaidah Ruwaidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur
  • M. Arif Musthofa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur
  • Khusnul Yatima Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i2.754

Keywords:

Kontribusi Arisan, Kesejahteraan Keluarga, Ekonomi Islam.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan kegiatan arisan di Desa Pandan Lagan, mengetahui bagaimana kontribusi arisan uang dalam menambah kesejahteraan keluarga dan bagaimana tinjauan perspektif ekonomi islam terhadap kegiatan arisan di Desa Pandan Lagan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. pelaksanaan kegiatan arisan yang berada di Desa Pandan Lagan cukup baik dan pada saat pengundian dilaksanakan tanpa adanya kendala atau pun masalah. Arisan ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga, karena dana yang diperoleh dari kegiatan arisan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Di dalam sistem arisan yang berkembang dimasyarakat, baik itu arisan uang maupun barang diperbolehkan dalam Islam. Sebab dalam arisan tidak ada unsur penipuan (tadlis).

References

Agus, rusli. (2011). “Kontribusi arisan dalam menambah kesejahteraan keluarga menurut perspektif ekonomi (studi di kecamatan bangkinang barat)” . Riau.
Anto, Besse armadayanti. (2017). “Kontribusi arisan mingguan para pedagang dipasar belopa kabupaten luwu dalam menambah modal usaha (tinjauan ekonomi islam)”. Makassar.
Fauzi simamora, Anwar. (2018) “peranan usaha mikro pisang pasir dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga”. SKRIPSI.UIN sumatera utara. Medan.
Hasan ali, A.M. (2004). Asuransi dalam perspektif hukum islam: Suatu tinjauan analisis Historis, Teoritis dan Praktis. Cet ke-2.Jakarta: Kencana.
Poerwadarminta, WJS. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Soewadji, Jusuf. (2012). pengantar metodologi penelitian, jakarta:mitra wacana media
Sugiyono. (2012). memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2019). metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Wicaksono, Candra. (2017).“kontribusi motivasi belajar,lingkungan belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa teknik kendaraan ringan SMK muhammadiyah 1 salam, magelang”. Universitas negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Ruwaidah, R. ., Arif Musthofa, M., & Yatima, K. . (2021). ARISAN UANG DALAM MENAMBAH KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA PANDAN LAGAN KECAMATAN GERAGAI). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 180–187. https://doi.org/10.38035/jemsi.v3i2.754