FUNGSI PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA : PERLINDUNGAN, KONSUMEN DAN PELAKU USAHA (LITERATURE REVIEW)

Authors

  • Alfina Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana
  • Adnand Darya Dzikra Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i6.607

Keywords:

Perlindungan Konsumen (Y), Perlindungan (X1), Konsumen(X2), Pelaku Usaha(X3).

Abstract

Penulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang perlindungan konsumen dan azas-azas yang berlaku di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen sesuai Pasal 2 UU No 8 Tahun 1999. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang, dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makluk hidup lain dan tidak untu diperdagangkan. Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin segala kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada Konsumen.Disamping itu membahas tentang hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha. Sebagaimana rumusan Pasal 4 jo 5 Undang-undang Perlindungan Konsumen. Penegakan hukum Perlindungan Konsumen harus melibatkan banyak pihak terutama pemerintah dan Lembaga Perlindungan Konsumen dan lembaga pengawas lain, serta harus terkoordinasi dengan instansi-instansi terkait supaya terjadi keharmonisan dan tidak tumpang tindih kebijakan atau keputusan. Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan baik tanpa harus merugikan konsumen atau pengguna barang/atau jasa. Karena keberadaan Undang-Undang Perlindungan Konsumen ini sudah cukup representatif untuk melindungi konsumen asalkan Undang-undang telah dipahami oleh pelaku usaha dan konsumen.

References

Bandung Sudaryatmo. 1999. Hukum dan Advokasi Konsumen. PT. Citra Aditya Bakti.
Yusuf Sofie. 2000. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya. PT. CitraAditya Bakti,
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Bandung’’http://www.scribd.com/doc/18545014/makalahperlindungankonsumenhttp://w ww.pemantaupe radilan.com/delik/16.
Erman Rajagukguk, 2000, Pentingnya Hukum Perlindungan Konsumen dalam Era Perdagangan Bebas, Mandar Maju, Bandung, h.2
Adrianus Meliala, 2006, Praktik Bisnis Curang, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, h.152
Az. Nasution, 2001, Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Diadit Media, Jakarta, h.11
Happy Susanto, 2008, Hak-Hak Konsumen Jika Dirugikan, Visimedia, Jakarta, h.4
Abdul Halim Barkatulah, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen (Kajian Teoretis dan Perkembangan Pemikiran, Nusa Media, Bandung,h.7

Downloads

Published

2021-07-11

How to Cite

Maharani, A. ., & Darya Dzikra, A. . (2021). FUNGSI PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA : PERLINDUNGAN, KONSUMEN DAN PELAKU USAHA (LITERATURE REVIEW). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6), 659–666. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i6.607