PERAN MULTIMEDIA DALAM PERKULIAHAN E-LEARNING: KAJIAN PENERAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Islahulben Islahulben Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
  • C. Catur Widayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.541

Keywords:

e-Learning, transformasi pendidikan, teknologi, penerapan

Abstract

Konsep yang terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi. e-Learning memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk mengakses informasi yang akurat dan up-to-date tanpa hambatan ruang dan waktu. Kemudahan mengakses e-Learning membuat dosen dan mahasiswa  dapat belajar dari mana saja dan kapan saja asal memiliki koneksi internet yang memadai. Kesimpulannya adalah: (1) dosen dapat memberikan model pembelajaran secara daring dengan model yang mudah diterima dan dipahami oleh mahasiswa (2) mahasiswa dapat dengan mudah mengambil matakuliah dimanapun tanpa terbatas lagi pada batasan institusi dan negara; (3) Mahasiswa dapat dengan mudah berguru dan berdiskusi dengan para tenaga ahli atau pakar di bidang yang diminatinya; (4) Materi kuliah bahkan dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa tergantung pada perguruan tinggi dimana mahasiswa belajar.

References

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).
Handayani, L., & Ristrini, R. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kesehatan Menggunakan Multimedia Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sltp Terkait Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21313.
Hede, T., & Hede, A. (2002, July). Multimedia effects on learning: Design implications of an integrated model. In Untangling the web: Establishing learning links. Proceedings ASET Conference (pp. 7-10).
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technology for learning. Pearson Education Ltd.
Mutia, I., & LEONARD, L. (2015). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.
Tafiardi. 2005. Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal PendidikanPenabur - No.04/ Th.IV/ Juli 2005
Herdin. 2017. Tujuh Rahasia Mind Map, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.
http://resources.intenseschool.com/introduction-to-computer-assisted-learning-cal/

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Islahulben, I., & Catur Widayati, C. (2021). PERAN MULTIMEDIA DALAM PERKULIAHAN E-LEARNING: KAJIAN PENERAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 525–543. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.541