PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Authors

  • Alfriza Frisdayanti Universitas Mercu Buana,Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i1.47

Keywords:

brainware, informasi, sistem informasi, sistem informasi manajemen

Abstract

Sistem informasi manajemen sangat bergantung dari komponen-komponen dalam menghasilkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Kesenjangan yang terjadi dalam pelaksanaan komponen tersebut akan menghasilkan informasi yang kurang akurat, kurang detail, kurang tepat waktunya dan kurang relevan akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan pada perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu perlu adanya pemahaman yang  mendalam mengenai komponen-komponen dalam sistem informasi manajemen khususnya brainware agar dapat menghasilkan informasi yang bernilai guna bagi perusahaan atau organisasi agar dapat memperoleh sustainable competitive advantages. Sistem informasi manajemen tergantung pada komponen dalam menghasilkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kesenjangan dalam pelaksanaan komponen ini akan menghasilkan informasi yang kurang akurat, kurang rinci, kurang tepat dan kurang relevan waktu akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan di perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu kebutuhan untuk pemahaman yang mendalam dari komponen dalam pengelolaan sistem informasi dalam bergerak tertentu diharapkan untuk menghasilkan informasi yang berharga agar perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan. Sesuai dengan zaman hari ini bahwa dalam pengelolaan sumber daya manusia secara efektif, setiap organisasi mutlak diperlukan untuk menciptakan sumber daya manusia sistem  informasi untuk pengembangan sistem informasi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam Lembaga. Diharapkan dimainkannya adalah proses ke arah yang lebih baik sehingga dengan pegetahuan perolehan dari sistem informasi akan menambah wacana, pertimbangan dan akhirnya memutuskan dengan tepat. Untuk sistem informasi terdiri dari komponen yang mendukung lembaga pendidikan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan ketika melakukan kegiatan pendidikan

References

Battistella, C., Nonino, F,. (2012). Open innovation web-based platforms: The impact of different forms of motivation on collaboration. Innovation: Management, Policy & Practice. 14(4), 557-575.
Brabham, D, C., (2008). Crowdsourcing as a model for problem solving: An introduction and cases. Convergen: The International Journal of Research into New Media Technologies. 14(1), 75-90.
Becker, P., (2002). Corporate foresight in Europe: A first overviews. Institute for Science and Technology Studies. Retrieved form ftp://ftp.cordis.europa.eu/pub/f oresight/docs/st_corporate_for esight_040109.pdf
Corrocher, N., (2011). The adoption of Web 2.0 services: An empirical investigation. Technological Forecasting and Social Change. 78(4), 547-558.
Hall, J, A., (2004). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Indrajit, R, E., (2007). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.Pengantar Konsep Dasar. Jakarta: STIMIK PERBANAS. Renaissance Center.
Kusrini,. Koniyo, A,. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
La Midjan dan Susanto, A,. (2008). Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Penerbit Lingga Jaya.
Leung, L., (1996). Computing.September 12 Edition.
Romero, D,. Molina, A., (2011). Collaborative networked organizations and custome communities: Value co- creation and co-innovation in the networking era. Production Planning and Control. 22(5- 6),477-472.
Widjadjanto, N,. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Romney, M., Steinbart, P, J., (2005). Accounting Information Systems 9th Edition. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Susanto, A,. (2004). Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Penerbit Lingga Jaya.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Frisdayanti, A. (2019). PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 60–69. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i1.47