IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN APLIKASI UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN KTUPAD MVC FRAMEWORK

Authors

  • Wawan Sismadi Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Indra Darmawan Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Prayogi Perdana Nicolas Universitas Budi Luhur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.437

Keywords:

Analisa Perbandingan Web Framework, Aplikasi Ujian Oline, Web Framework MVC, Extreme Programming, Ktupad

Abstract

Kecepatan akses informasi digital sangat penting dalam mengambil sebuah keputusan, google development mensyaratkan batas waktu akses data tidak lebih dari tiga detik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis performance terhadap Ktupad MVC Framework. Framework adalah sekumpulan fungsi, class, dan aturan-aturan. Berbeda dengan library yang sifatnya untuk tujuan tertentu saja, framework bersifat menyeluruh mengatur bagaimana kita membangun aplikasi. Framework memungkinkan kita membangun aplikasi dengan lebih cepat karena sebagai developer kita akan lebih memfokuskan pada pokok pemasalahan. Sampel penelitian ini adalah Aplikasi Ujian Online yang di bangun menggunakan Ktupad MVC Framework kemudian mengujinya metode Reseaech and Development dengan pendekatan Extreme Programming (XP).  Peralatan pembanding menggunakan Web Dev Hasil penelitian ini didapat bahwa nilai performa 1-100 dari Ktupad adalah sebesar 99.

References

Fatoni, Ahmad, and Dhany Dwi. "Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem." PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer 3.1 (2016).

Ummi Khaira Latif, "Performance Comparison of Executing Large Data
in Yii2 and Laravel Framework", IJIES 2017

Haryati, Sri. "Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan." Majalah Ilmiah Dinamika 37.1 (2012): 15.

Herdianto, R. Anggit. "analisis dan pengembangan sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis codeigniter php framework di smk ma’arif 1 mungkid." Skiripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (2014).

Ktupad MCV Framework, HAKI EC00201952487, 28 Agustus 2019, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM R.I.

Downloads

Published

2021-03-06

How to Cite

Sismadi, W., Darmawan, I. ., Wahyudi, W. ., & Perdana Nicolas, P. . (2021). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN APLIKASI UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN KTUPAD MVC FRAMEWORK. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 433–446. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i4.437