ANALISIS RASIO LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN PT PAKUWON JATI TBK

Authors

  • Rosalyn Febriyani Program Studi Magister Management Universitas Mercubuana Jakarta Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i3.419

Keywords:

Financial Report, Ratio Liquidity, Ratio Solvability, Ratio Profitablitas, Ratio Activity, Du Pont System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT Pakuwon Jati TBK ditinjau dari rasio solvabilitas, likuiditas, profitabilitas dan aktivitas pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dimana penulis mendapatkan data secara tidak langsung melalui Website BEI, Laporan Tahunan PT Pakuwon Jati dan studi media. Adapun metode data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi data yang berkaitan dengan keuangan PT Pakuwon Jati Tbk tahun 2014 - 2019.Hasil analisis laporan keuangan menggunakan pengukuran Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas. dapat digunakan untuk menilai posisi keuangan perusahaan dan membantu proses pengambilan keputusan, menurut penulis dapat dikatakan kondisi keuangan perusahaan cukup baik, dan bagi investor hasil dari rasio keuangan tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan untuk menanamkan dananya. di perusahaan. Analisis Du Pont System menunjukkan peningkatan kemampuan perusahaan dalam mengelola asetnya untuk menghasilkan laba dan tingkat laba bersih yang diperoleh pemilik perusahaan atas modal yang diinvestasikan.

References

Astuti, Dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama.Penerbit.Ghalia Indonesia

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Yogyakarta: BPFE

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo

Hery. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Rubiyanti, Nana. 2013. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada PT. Admiral Lines Cabang Tanjungpinang. Jurnal Ekonomi Akuntansi

Munawir. 2001. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. YogyakartaVan Horne, James C dan Wachowicz Jr, John M. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta : Salemba Empat.

Weygandt, Jerry dan kieso, Donald dan Kimmel, Paul D. 2007. AccountingPrinciples, Edisi 7. Penerbit. Salemba Empat.

Ikhtisar dan laporan keuangan tahunan PT Pakuwon Jati tahun 2014 s.d. tahun 2019, www.pakuwonjati.com dan www.idx.co.id (diunduh pada 23 September 2020)

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Febriyani, R. (2021). ANALISIS RASIO LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN PT PAKUWON JATI TBK. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(3), 385–400. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i3.419