ANALISIS KEUANGAN SEBAGAI DASAR UNTUK MENGUKUR KINERJA PT ADARO ENERGY TBK PERIODE 2014-2019

Authors

  • Fourmarch Sinaga Universitas Marcu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i2.394

Keywords:

Rasio Keuangan, Du Pont System, Kinerja Perusahaan

Abstract

Banyaknya perusahaan baru yang bermunculan mendorong perusahaan untuk tetap menjaga kualitas perusahaan dan lebih efisien dalam meningkatkan kemampuan menghasilkan laba. Perusahaan secara periodik mengeluarkan laporan keuangan sebagai pengolahan data dengan melakukan perhitungan lebih lanjut untuk mengetahui apakah perusahaan telah mencapai standar kinerja yang dipersyaratkan atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT Adaro Energy, Tbk ditinjau dari analisis rasio. Analisis rasio keuangan, membantu untuk mengetahui tingkat kinerja keuangan suatu perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas, dan Du Pont system. Berdasarkan rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas secara berurutan perusahaan berada dalam keadaan yang baik, insolvable, tidak stabil. Berdasarkan rasio profitabilitas, perusahaan berada pada posisi yang baik sedangkan Du Pont System, perusahaan berada pada posisi yang kurang baik karena perusahaan tidak efektif dalam menggunakan aktiva yang dimiliki dalam menghasilkan laba.

References

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan: PSAK No. 1 – Penyajian Laporan Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.Hal.3.
Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga. Jakarta.
Sartono, Agus. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Sugiono Arief, dan Edy Untung, (2009). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta, PT.Raja Grafindo.
Weston. J.F., E.F.Brigham. (1994). Dasar-dasar Manajemen Keuangan I dan II Edisi 10. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2021-01-03

How to Cite

Sinaga, F. (2021). ANALISIS KEUANGAN SEBAGAI DASAR UNTUK MENGUKUR KINERJA PT ADARO ENERGY TBK PERIODE 2014-2019. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 245–258. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i2.394