REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DENGAN METODE PENJARINGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERDAMPAK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI NIBRAS HOUSE SIDOREJO (STUDI PADA KARYAWAN NIBRAS HOUSE SIDOREJO LAMPUNG TIMUR)

Authors

  • Rini Endrayani Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i2.378

Keywords:

rekrutmen, kompetensi, nibras class,kinerja karyawan.

Abstract

perencanaan MSDM pada suatu perusahaan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya pola rekrutmen, pada Nibras House Sidorejo pola rekrutmen yang digunakan yaitu dengan penjaringan di lembaga pendidikan, rekrutmen pola ini sebagai antisipasi  terjadinya : Kurang dipahaminya proses penjualan retail oleh karyawan, karyawan belum terbiasa bekerja di dalam ruangan atau toko dan karyawan belum mampu mengelola toko dengan baik. Dari permasalahan yang terjadi maka Nibras House Sidorejo  membuat suatu terobosan dengan melibatkan lembaga pendidikan sebagai partner dalam proses rekrutmen, terobosan metode ini dikenal dengan istilah program Nibras class untuk peserta didik SMK dengan program keahlian Bisnis Daring Pemasaran (BDP). Dari hasil pengamatan dapat dinyatakan bahwa dengan program Nibras class  perusahaan mendapat beberapa keuntungan : Mendapatkan karyawan siap kerja di bidang bisnis retail, Hasil program Nibras class  memiliki kompetensi tinggi bekerja, Secara psikologis karyawan sudah menyatu dengan perusahaan dalam beberapa tahun dan  Perusahaan tidak perlu lagi membuat program rekrutmen karyawan.

References

Fathillah, F. (2016). Rekrutmen dan Seleksi Berbasis Kompetensi : tantangan Pemenuhan Tenaga Kerja Berkualitas.
Qustolani, A. (2017, Juli-Desember). Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Prosedural dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan.
Sherlie. (2020, Februari 18). Pengaruh motivasi, Disiplin Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT Benwin Indonesia di Kota Batam.
Sobirin, A. (2016). Modul Manajemen Kinerja.
Sondang, P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yullyanti, E. (2009). Analisa Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16, 3.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Endrayani, R. (2020). REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DENGAN METODE PENJARINGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERDAMPAK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI NIBRAS HOUSE SIDOREJO (STUDI PADA KARYAWAN NIBRAS HOUSE SIDOREJO LAMPUNG TIMUR). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 139–147. https://doi.org/10.38035/jemsi.v2i2.378