Etika KODE ETIK & PEDOMAN PERILAKU DALAM ETIKA BISNIS DI PT AJ ADISARANA WANAARTHA

Authors

  • Kiki Lumban Gaol Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i5.163

Keywords:

Etika Bisnis, Kode Etik, Pedoman Perilaku

Abstract

Setiap Perusahaan atau Pelaku Bisnis dalam aktivitas bisnis yang dilakukan tidak bisa terlepas dari kualitas moralnya dalam menjalankan suatu Bisnis tersebut. Penerapan Etika Bisnis merupakan syarat utama Perusahaan agar mampu menjaga nama baik Perusahaan, mampu bersaing dan meminimalisir setiap resiko yang mungkin dihadapi oleh Perusahaan. Maraknya pelanggaran Etika Bisnis dalam berbagai industri khususnya industri Asuransi yang ada di Indonesia melatarbelakangi penulis melakukan penelitian terhadap penerapan Etika Bisnis pada perusahaan  PT AJ Adisarana Wanaartha.  Penelitian  ini menunjukkan bahwa seluruh Karyawan, Manajer, Agen, dan Direksi PT AJ Adisarana Wanaartha sudah menerapkan kode etik dan pedoman perilaku yang dimiliki Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Setiap Perusahaan atau Pelaku Bisnis dalam aktivitas bisnis yang dilakukan tidak bisa terlepas dari kualitas moralnya dalam menjalankan suatu Bisnis tersebut. Penerapan Etika Bisnis merupakan syarat utama Perusahaan agar mampu menjaga nama baik Perusahaan, mampu bersaing dan meminimalisir setiap resiko yang mungkin dihadapi oleh Perusahaan. Maraknya pelanggaran Etika Bisnis dalam berbagai industri khususnya industri Asuransi yang ada di Indonesia melatarbelakangi penulis melakukan penelitian terhadap penerapan Etika Bisnis pada perusahaan  PT AJ Adisarana Wanaartha.  Penelitian  ini menunjukkan bahwa seluruh Karyawan, Manajer, Agen, dan Direksi PT AJ Adisarana Wanaartha sudah menerapkan kode etik dan pedoman perilaku yang dimiliki Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.

References

Ali, Hapzi. 2020. Modul Perkuliahan Etika Bisnis dan Good Governance Univesitas Mercubuana. Principles of Personal Ethics dan Principles of Professional Ethics. Universitas Mercu Buana.
Andjarwati, A.L., Budiadi, S. 2008. “Etika Bisnis Dan Perilaku Etis Manajer Pengaruhnya Terhadap Tanggung Jawab Perusahaan Pada Lingkungan Sosial”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. I, pp : 1-13.
Echdar, S., Maryadi. (2019). Business Ethics and Enterpreneurship (Etika Bisnis dan Kewirausahaan). Yogyakarta : Deepublish
Fitri Handayani, H. N. (2019). “Pedoman Perilaku Dalam Etika Bisnis di PT. KF”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Vol 1(2), pp: 115-121.
http://www.wanaarthalife.com/nilaiperusahaan
Rindjin, K. 2008. Etika Bisnis dan Implementasinya. Jakarta : Gramedia
Subagio, T. et al. (2013). Business Crimes and Ethics : Konsep dan Studi Kasus Fraud di Indonesia dan Global., Yogyakarta : ANDI
Yosephus. 2010. Etika Bisnis : Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer. Jakarta : Yayasan Pusataka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Lumban Gaol, K. (2020). Etika KODE ETIK & PEDOMAN PERILAKU DALAM ETIKA BISNIS DI PT AJ ADISARANA WANAARTHA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(5), 414–425. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i5.163