STRATEGI MANAGEMENT ANALISIS SWOT PADA LUCKY TEXTILE GROUP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TEXTILE

Main Article Content

Afthon Kumbara

Abstract

Lucky Textile Group merupakan salah satu perusahaan textile manufacturing di Indonesia. Lucky Textile Group memiliki 2 perusahaan yang masing-masing perusahaan memiliki perbedaan hasil produksi namun saling berkesinambungan. PT. Benang Citra Indonesia dan PT. Lucky Print Abadi merupakan bagian dari Lucky Textile Group. PT. Benang Citra Indonesia saat ini memproduksi benang dengan bahan baku utama yaitu kapas, sedangkan PT. Lucky Print Abadi memproduksi kain tenun dan kain finishing (Printing, Dyeing dan White). Bahan baku pembuatan kain tenun yaitu benang di dapat dari PT. Benang Citra Indonesia atau bisa juga dari pabrik luar sesuai jenis bahan baku yang di butuhkan. Selanjutnya diproses menjadi kain finishing (Printing, Dyeing dan White) sesuai permintaan customer.


Diketahui bahwa persaingan pasar di Indonesia semakin dibanjiri produk impor tekstil sehingga persaingan industry textile di Indonesia semakin ketat, dimana kompetitor asal Vietnam dan Bangladesh juga banyak membuat produsen tekstil Indonesia berguguran.


Industri TPT (tekstil dan produk tekstil) Indonesia merupakan industri manufaktur nasional yang memiliki perekonomian strategis di Indonesia, hal ini di karena kan kontribusinya Industri TPT (tekstil dan produk tekstil) terhadap 2 (dua) kepentingan nasional, diantaranya : Bidang sosial, melalui penyerapan tenaga kerja dan membuka banyak lapangan kerja. Bidang perekonomian, dimana rata-rata devisa yang dihasilkan sektor industri TPT (tekstil dan produk tekstil) dalam 5 tahun terakhir mencapai US$ 7.92 miliar dengan tingkat pertumbuhan 8,5% dan menyumbang devisa terbesar dari semua komoditi ekspor Indonesia. Maka dari itu Melalui analisa SWOT, diharapkan dapat memahami kekuatan yang dimiliki oleh Lucky Textile Group dalam menghadapi persaingan global.

Article Details

How to Cite
Kumbara, A. (2020). STRATEGI MANAGEMENT ANALISIS SWOT PADA LUCKY TEXTILE GROUP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TEXTILE. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(5), 464-474. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i5.146
Section
Articles

References

 https://www.kompasiana.com/ferisusanto/550b9ee4a33311241c2e3941/analisa-swot-part-1, 1 April 2020
 Ali, Hapzi. (2020). Modul 4 Analisis Lingkungan Internal Organisasi (resource-based view and value chain management), SWOT Analysis, SWOT Matrix dan IE Matrix. Universitas Mercubuana, Jakarta.
 Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jakarta:Indeks, hal. 63.
 Jogiyanto, (2005), Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
 Farrel, O.C dan D, Harline. (2005). Marketing strategy. South Western : Thomson Corporation
 Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
 David, Fred R., (2006). Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta