BUSINESS ETHICS PADA PT.CONTROL SYSTEMS ARENA PARA NUSA

Authors

  • Rintis Sukma Dewi Program Pasca Sarjana, Universitas Mercubuana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i4.131

Keywords:

Etika Bisnis, Kualitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Etika bisnis adalah aturan-aturan yang menegaskan suatu bisnis boleh bertindak dan tidak boleh bertindak. Aturan-aturan tersebut dapat bersumber dari aturan tertulis maupun yang tidak tertulis. Jika suatu bisnis melanggar aturan-aturan tersebut, sanksi akan diterima. Sanksi tersebut dapat berbentuk langsung maupun tidak langsung. Manajemen dan seluruh karyawan PT. Control Systems Arena Para Nusa wajib mengikuti etika bisnis dan pedoman perilaku yang berlaku. Dengan menerapkan etika bisnis yang baik di dalam lingkungan perusahaan, dapat membangun reputasi perusahaan yang baik di mata pelanggannya. Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik di mata pelanggannya, dapat berpengaruh terhadap keputusan pelanggan dalam membeli produk atau jasa yang akan digunakannya. Reputasi yang baik dapat meningkatkan keunggulan bersaing terhadap perusahaan tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Pada PT. Control Systems Arena Para Nusa dapat memengaruhi kualitas terhadap barang atau jasa yang dihasilkan sehingga dapat diterima oleh pelanggan dan dapat mencapai kepuasan pelanggan.

References

Ali, Hapzi. 2020. Modul Business Ethic & GG. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). A (Multidisciplinary Journal)
Davidow, M. 2003. Have You Heard the Word? The Effect of Word of Mounth on Perceived Justice, Satisfaction and Repurchase Intentions Following Complaint Handling, Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior. Vol. 16, pp.67-79.
Davidow, M. 2003. Organizational Responeses To Customer Complaints: What Works And What Doesn’t. Journal of Service Research . Vol. 5, No.3, pp.225-250.
Embse,V.D., R.A. Wagley. 1998. Managerial Ethics Hard Decisions on Soft Criteria. Advance management Journal.
Fahmi, Irham. 2013. Etika Bisnis: Teori Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Keraf, Sonny. 1998, Etika Bisnis (Tuntutan dan Relevansinya), Yogyakarta: Kanisius.
Manuel G. Velasquez. 2005, Etika Bisnis Konsep dan Kasus, (Alih Bahasa Ana Purwaningsih et.al), Yogyakarta: Andi.
Maxham, J. G., Richard, G., Netemeyer. 2002. Modeling Customer Perceptions of Complaint Handling Over Time: The Effects of Perceived Justice on Satisfaction and Intent. Journal of Retailing. Vol. 78, No.4, pp.239-252.
Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Saladin, Djaslim. 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sinour, Y.L. 2009. Etika bisnis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sutrisna, D. 2010. Etika Bisnis: Konsep Dasar Implementasi dan Kasus. Bali: Udayana University Press.

Downloads

Published

2020-04-22

How to Cite

Dewi, R. S. (2020). BUSINESS ETHICS PADA PT.CONTROL SYSTEMS ARENA PARA NUSA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 378–391. https://doi.org/10.38035/jemsi.v1i4.131