Pengaruh Human Capital dan Personalitas Terhadap Keberhasilan Usaha Para Wirausahawan UMK dengan Efikasi Diri Sebagai Varaibel Intervening di Desa Bukit Jaya Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi

Main Article Content

Hermansyah Hermansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian pengaruh antara human capital dan personalitas terhadap keberhasilan usaha dengan efikasi diri sebagai variabel intervening. Sampel pada penelitian ini adalah para wirausahawan Usaha Kecil dan Mikro (UMK) di desa bukit jaya kecamatan bahar selatan Kabupaten Muaro Jambi, propinsi Jambi dengan jumlah responden sebanyak 76 orang. Teknik penentuan sampel berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan menggunakan metode analisis data berupa analisis kuantitatif dan menggunakan alat analisis data berupa Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial human capital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap efikasi diri, secara parsial personalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Lalu, secara parsial human capital dan personalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Secara parsial efikasi diri juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian, human capital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan di mediasi oleh efikasi diri serta personalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan di mediasi oleh efikasi diri. Berdasarkan nilai R-Square di ketahui bahwa variabel efikasi diri dapat di jelaskan oleh variabel human capital dan personalitas sebesar 86,2%, keberhasilan usaha dapat di jelaskan oleh variabel human capital dan personalitas sebesar 81,9% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Hermansyah, H. (2022). Pengaruh Human Capital dan Personalitas Terhadap Keberhasilan Usaha Para Wirausahawan UMK dengan Efikasi Diri Sebagai Varaibel Intervening di Desa Bukit Jaya Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 153-167. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i2.1203
Section
Articles

References

Agus, W. (2015). Analisis Multivariat Terapan. UPP STIM YKPN.

Aji, R. A. (2021). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Universitas Brawijaya Malang). Universitas Brawijaya.

Amanda, N. K., & Adriani, Y. (2021). Pengaruh Locus of Control dan Dukungan Sosial terhadap Efikasi Diri Atlet Badminton. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 7(2), 20–31.

Ashar, S. M. (2006). Psikologi Industri dan Organisasi. UI-Press.

Atmaja, I. K. E., Purnamawati, I. G. A., & Sujana, E. (2015). Sistem Informasi P.O.S (Point Of Sales) Komputer Sebagai Salah Satu Upaya Mempermudah Penanganan Transaksi Penjualan, Pembelian Dan Pembukuan Di Toko Komputer ‘Kediri Computer’ Kabupaten Tabanan, Bali. Universitas Pendidikan Ganesha.

Bahri, S., & Arda, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Pada Kalangan Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 265–273.

Bandura, A., & Watts, R. E. (1996). Self-efficacy in changing societies. Springer.

Coff, R. W. (1997). Human Assets and Mana- gement Dilemmas: Coping with Hazards on the Road to Resource-Based Theory. Academy of Management Review, 2, 374–402.

Daryanto, A. D. C. (2013). Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Gava Media.

Feist, J., Handriatno, & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. Salemba Humanika.

Fitz-enz, J. (2000). The ROI of human capital: Measuring the economic value of employee performance. AMACOM Div American Mgmt Assn.

Gaol, J. L. (2015). A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip.

Ghufron, N., & Risnawitaq, S. R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar- Ruzz Media.

Hamidin, I. T. (2021). Pengaruh Modal Sosial dan Modal Manusia terhadap Kesuksesan Wirausaha Kerajinan Rotan di Desa Transan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. UNS (Sebelas Maret University).

Hendrawati, E. (2006). Pengaruh Locus of Control terhadap Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 4(10), 1–12.

Hurlock, E. B. (2000). Personality Development. McGraw Hill Education (India) Private Limited.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen (1 ed.). BPFE.

Juliana, J. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1).

Jumaedi, H. (2012). Hubungan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha (studi kasus pada pengusaha kecil di pekalongan). Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 11(2), 13–19.

Koswara. (2006). Teori-teori Kepribadian Psikoanalisis, Behaviorosme, Humanistik. PT Eresco.

Le, M., & Visantia, E. (2013). Pengrauh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Jaya Tanah Abang Jakarta. Jurnal Manajemen, 13(1).

Lena, N., Yusuf, M., & Baining, M. E. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Modal, Dan Pengalaman Terhadap Keberhasilan Usaha Pemilik Toko Jilbab Dipusat Grosir Jilbab Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Muchtar, Y. C., & Ramadini, F. (2011). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Makanan Kaki Lima di Kawasan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Prosiding Seminar Internasional dan Call for Papers “Towards Excellent Small Business".

Mushref, A. M. (2014). The moderator role of organizational culture between intellectual capital and business performance: An empirical study in Iraqi industry. Net Journal of Social Sciences, 2(3), 82–92.

Ramadhini, F. (2013). Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Fotocopy dan Alat Tulis Kantor di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Universitas Sumatera Utara.

Rauch, A., & Frese, M. (2000). Psychological approaches to entrepreneurial success: A general model and an overview of findings. International review of industrial and organizational psychology, 15, 101–142.

Renaningtyas, W. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Anggota Komunitas. Psikoborneo, 5(4), 462–471.

Riswanto, R., Widjaya, O. H., & Suryawan, I. N. (2014). Pengaruh Management Skill, Financial Investor, Dan Human Capital Terhadap Women Entrepreneurial Success (Kasus: Wirausaha Wanita Di Jakarta Utara). Universitas Tarumanagara.

Siagian, S. P. (2004). Prinsip-prisip Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Binarupa Aksara.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak. Bumi Aksara.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : isu-isu penting. LP3ES.

Trianawati, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (Study Survey Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Majalengka, SMK Negeri Palasah dan SMK Negeri 1 Kadipaten). JURNAL PROSPEK, 1(1).

Wahyuni, S. (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 45–49.

Widjajani, S., Baraba, R., & Handayani, R. (2021). Peran karakteristik wirausahawan dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha di masa pandemi. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(1), 25–34.

Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 117–127.